SIYAP PAK SOLUSI PENYELESAIAN PAK TEPAT WAKTU

Tanggal : 14-Mar-2017 | Dilihat : 396 kali

Denpasar – Kepengurusan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) jabatan fungsional kesehatan merupakan salah satu hal yang riskan akan terjadinya pungli di lingkungan Ditjen Yankes. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes dalam membuka acara Workshop Management Penetapan Angka Kredit (PAK) Jabatan Jabatan Fungsional Kesehatan di Kuta, Bali, Selasa (7/3).

DUPAK akan diproses hingga menjadi SK Penetapan Angka Kredit (PAK) yang merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat jabatan fungsional kesehatan, dalam prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga ada beberapa berkas yang tercecer bahkan hilang dan dapat mengakibatkan terlambatnya kenaikan jabatan/pangkat jabatan fungsional. Proses yang lama ini diakibatkan karena manajemen Penetapan Angka Kredit yang belum baik. 

Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya pungli dalam proses penyelesaian DUPAK dan mempersingkat waktu penyelesaian DUPAK, Ditjen Yankes akan melakukan penataan manajemen sistem dengan mengoptimalkan teknologi informasi dengan membuat aplikasi E-PAK untuk mendukung proses pengusulan PAK  secara on-line. 

Tahun 2015 Ditjen Yankes mengembangkan aplikasi SIMPADUBUK. SIMPADUBUK adalah aplikasi pencatatan penerimaan DUPAK di Loket ULT. SIMPADUBUK membantu pengusul untuk memantau proses penyelesaian DUPAK. Sedangkan tahun 2016 dikembangkan sistem elektronik untuk proses PAK dan diterapkan (trial) dalam lingkup lokal. Dan untuk tahun 2017 ini akan mensosialisasikan E-PAK ke UPT untuk digunakan dalam pengusulan DUPAK. 

“Adapun E-PAK kedepannya akan terintegrasi dengan aplikasi E-Jabfung yang dikembangkan BPPSDM dan proses DUPAK dengan database pemangku Jabfung seluruh Indonesia” ujar Kasubag Kepegawaian Ditjen Yankes, Didik Suharsono, S.Kom disela-sela acara.

E-PAK atau aplikasi SIYAP PAK merupakan inovasi yang digagas oleh bagian kepegawaian Ditjen Yankes yang dikarenakan lambatnya proses penyelesaian DUPAK hingga menjadi SK PAK. “Aplikasi SIYAP PAK dapat diakses di www.siyappak-yankes.net dan nanti akan diberikan user name dan pasword untuk login bagi penanggung jawab (administrator) di masing-masing UPT Vertikal Ditjen Yankes” tambah Didik dihadapan peserta workshop.

“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan proses pengusulan penetapan angka kredit sehingga dapat meningkatkan produktivitas, kualitas dan ketepatan waktu serta memudahkan proses monitoring penyelesaian PAK” ungkap Didik diakhir acara.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com