SHARING BEST PRACTICE DI PROVINSI DAN KABUPATEN KOTA

Tanggal : 08-Feb-2018 | Dilihat : 105 kali

Jakarta - Berbagai Pengalaman dan Perkembangan Program Indonesia Sehat dengan Pengembangan Keluarga di utarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kab. Pati Jawa Tengah pada sesi Sharing Best Practice Pertemuan Workshop Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, di Jakarta, 7 Februari 2018.

Dinkes Provinsi Jawa Timur sangat terbantu dengan adanya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, dimana dengan ada nya PIS-PK maka dapat teritegrasinya upaya kesehatan perseorangan (UPK) dan upaya kesehatan masyarakat (UKM)  secara berkesinambungan sehingga dapat diketahui permasalahan kesehatan di masyarakat secara lebih mendalam.

Di sisi lain, Kabupaten Pati mengungkapkan pula berbagai permasalahan yang dihadapi setelah melakukan pendataan Keluarga Sehat antara lain banyak penderita gangguan jiwa yang tidak mendapatkan pengobatan dan ditelantarkan serta ditemukan masih banyak anggota keluarga yang tidak mempungai JKN.

Permasalahan klasik di kawasan elit Perkotaan juga menjadi hal yang dikeluhkan oleh para petugas pendataan PIS-PK dilapangan, dimana pada kawasan elite ketika petugas datang hanya ditemui oleh satpam atau penjaga rumah, sehingga sulit untuk mendapat data terkait Keluarga sehat di kawasan elite.

Harapan besar dari daerah kepada Pemerintah, khusus nya Kementerian Kesehatan terhadap PIS-PK sangat besar, karena dengan PIS-PK harapannya dengan upaya Promotif dan Preventif dapat mengurangi upaya kuratif yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan kualitas Kesehatan Masyarakat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.