SENAM DAN PERAWATAN UNTUK MENCEGAH KAKI DIABETES

Tanggal : 17-Dec-2018 | Dilihat : 111 kali
Oleh Tim Diabetes RSUP dr. Kariadi

Hai healthies...Salah satu komplikasi umum dari diabetes melitus adalah masalah kaki diabetes. Perawatan serta senam kaki dapat dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya komplikasi tersebut.

Perawatan kaki diabetes melitus yaitu pemeriksaan kaki yang dilaku kan setiap hari, dilaksanakan selepas mandi atau sebelum menggunakan kaos kaki dan sepatu. Tujuan dari perawatan ini diantaranya untuk membersihkan kaki, mencegah terjadinya luka serta memperlancar peredaran darah. Perawatan dimulai dari memeriksa jari-jari kaki, sela-sela jari, telapak kaki, apakah ada kotoran atau luka.

 Jika ada luka, rendam kaki selama 3 menit dengan air hangat sambil diusap. Angkat kaki dari baskom air, kemudian dengan menggunakan sabun, bersihkan kaki secara merata ke seluruh bagian kaki. rendam kaki dalam baskom berisi air bersih, bilas hingga tidak ada sisa sabun dengan washlap. Angkat kaki, lalu keringkan kaki dengan handuk lembut sampai kering. Gunakan lotion pelembab, oleskan ke sleuruh bagian kaki kecuali sela-sela jari. Gunting kuku mengikuti bentuk dan tidak terlalu dekat dengan kulit. Bagi penderita diabetes melitus, dalam perawatan kaki maupun aktivitas sehari-hari juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya, jangan merendam kaki terlalu lama, jangan menggunakan botol panas atau peralatan listrik untuk memanaskan kaki, jangan berjalan diatas aspal atau batu panas tanpa alas kaki, jangan biarkan kaki kering dan pecah-pecah.

Kemudian jangan pula menggunakan silet atau pisau untuk mengurangi kapalan, jangan memakai sepatu atau kaos kaki sempit, jangan menggunakan sepatu ber-hak tinggi dan atau ujung sepatu lancip, jangan menyilangkan kaki terlalu lama, konsultasikan ke dokter terkait obat untuk menghilangkan mata ikan. Jangan menggunakan perhiasan pada kaki serta jangan membiarkan luka ekcil di kaki sekecil apapun luka tersebut.

Selain perawatan, ada juga senam kaki yang terbagi dalam delapan gerakan, yaitu:

Gerakan 1 : Duduk di kursi dengan posisi nyaman, kaki diletakkan dilantai. Gerakan jari-jari kedua kaki seperti bentuk cakar dan luruskan kembali.

Gerakan 2 : Angkat ujung kaki, letakkan tumit di lantai. Turunkan ujung kaki, kemudian angkat tumit dan turunkan kembali.

Gerakan 3 : Angkat kedua ujung kaki keatas, kemudian putar kaki pada pergelangan kaki kearah samping. Turunkan kembali ke lantai dan gerakan ke tengah.

Gerakan 4 : Tumit diletakkan dilantai. Bagian depan kaki diangkat keatas, putar 360c derajat. Gerakan diulang sebanyak 10 kali. Bergantian kaki kiri dan kanan.

Gerakan 5 : Jari – jari diletakkan dilantai. Tumit diangkat dan lakukan putaran 360 derajat. Gerakan ini diulang sebanyak 10 kali.

Gerakan 6 : Angkat kedua kaki keatas dengan meluruskan lutut, pertahankan posisi tersebut. Putar telapak kaki 360 derajat ke arah depan dan belakang secara bergantian.

Gerakan 7 : Lutut diluruskan dan angakt. Putar kaki pada pergelangan kaki, tuliskan di udara dengan kaki angka 0-9. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian.

Gerakan 8 : Letakkan sehelai kertas koran di lantai. Remas koran menjadi bola dengan menggunakan kaki. lalu, buka bola kertas itu kembali dengan menggunakan kaki.

Berbagai perawatan serta gerakan kaki tersebut bertujuan untuk menghindarkan kaki dari kekakuan sendi, membantu melancarkan peredaran darah kaki, serta mengurangi risiko terjadinya luka.