SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL 2018

Tanggal : 20-Feb-2018 | Dilihat : 831 kali

Jakarta - Pelaksanaan Seminar dan Lokakarya Nasional (Seloknas) tahun 2018 terlaksana dengan adanya kerjasama antara IHQN dan Komisi Akreditasi FKTP. Seloknas 2018 diselenggarakan di Hotel JS Luwansa Jakarta pada tanggal 15-16 Februari 2018 dan dibuka secara resmi oleh Ibu Menteri Kesehatan RI. Peserta kegiatan ini berjumlah 548 orang antara lain terdiri dari Puskesmas, para Pendamping Akreditasi FKTP, Surveior Akreditasi FKTP. 

Harapan Pelaksanaan kegiatan ini antara lain:

  • Menjadi Wahana Dan Wadah Pembinaan Dan Peningkatan Ilmu Pengetahuan Bidang Kesehatan Bagi Stakeholders Khususnya Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di FKTP
  • Forum Keilmuan, Komunikasi Dan Sharing Of Knowledge Bagi Surveior Dan Pendamping Akreditasi FKTP
  • Memberikan Rekomendasi Bagi Pemangku Kebijakan Di Tingkat Pusat Maupun Daerah Terkait Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan di FKTP

Rencana tindak lanjut dari Pertemuan ini :

  1. Pendamping memanfaatkan masukan-masukan dari semiloknas untuk perbaikan pendampingan di puskesmas.
  2. Para surveior dalam melaksanakan survei akreditasi, menggunakan instrumen bantu RDOWS, untuk mengurangi multi persepsi dalam pelaksanaan survei akreditasi.
  3. PIC/pendamping provinsi mengidentifikasi usulan-usulan untuk revisi standar dan instrumen akreditasi untuk digabungkan dengan hasil review pada semiloknas.
  4. Provinsi agar melakukan peningkatan kualitas pendampingan melalui proses rekrutmen sesuai standar yang sudah ditetapkan.
  5. Komisi agar melakukan peningkatan kualitas penyelenggaraan akreditasi melalui standarisasi proses rekrutmen, pelatihan surveior, pelaksanaan survei dan monitoring-evaluasi pasca survei akreditasi.