RSJRW TINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEGIATAN INTERNALISASI BUDAYA KERJA

Tanggal : 17-May-2018 | Dilihat : 284 kali

Lawang - Tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang prima harus didukung dengan perubahan pola pikir dan budaya kerja. Fenomena tersebut tentu juga berlaku pada pelanggan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW). Pelayanan dituntut untuk selalu prima, dan hal tersebut bukan hal yang mudah untuk diwujudkan. Dibutuhkan komitmen  dan kerja sama seluruh civitas hospitalia untuk bersama senantiasa memperbaiki kualitas pelayanan.

Salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan di RSJRW dilakukan dengan melaksanakan program internalisasi budaya kerja. Program dikemas dalam beberapa program menarik yang melibatkan partisipasi seluruh civitas hospitalia. Kegiatan tersebut digawangi oleh Tim AOC (Agent Of Change) sebagai penggerak percepatan transformasi budaya kerja sehingga perubahan budaya yang dijalankan secara menyeluruh dan membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas layanan rumah sakit. 

Berbagai program internalisasi budaya kerja yang diselenggarakan diharapkan dapat menumbuhkan komitmen internalisasi budaya kerja yang kuat, sehingga memacu kreativitas dan inovasi dalam peningkatan kualitas layanan. Program internalisasi diwujudkan dalam berbagai lomba  yang telah dilaksanakan pada 18 April  - 11 Mei 2018. Beberapa lomba yang telah dilaksanakan antara lain:

  • Lomba Video Evaluasi Prorgam AOC sebagai bentuk evaluasi implementasi budaya kerja dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Lomba tersebut diikuti oleh Bagian dan Bidang di organisasi RSJRW. Bidang dan Bagian berlomba menyajikan program unggulan dalam bentuk video singkat berdurasi 5 menit.
    • Program PELITA (Penghematan Lisrik Telepon Air) dari Bagian Administrasi Umum. Kegiatan yang dilakukan untuk  menekan biaya penggunaan listrik, telepon dan air
    • Program RADAR (Pencegahan Pasien Lari) dari Bidang Keperawatan. Program pencegahan agar pasien tidak berada diluar pantauan dengan monitoring lokasi-lokasi yang menjadi titik kritis pasien lari
    • Program MAK NGOBRAS (Ngobrol bareng atasan dan staff sambil makan siang) dari Bagian SDM
  • Lomba Internalisasi Budaya Kerja (Senyum, Salam, Sapa) yang diikuti oleh setiap unit kerja yang berhubungan langsung dengan pelanggan ekternal.
  • Lomba menulis kisah inspiratif dengan tema Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Pelanggan
  • Lomba Foto Inspiratif yang bertema “Peran Civitas Hospitalia sebagai Agen Perubahan”
  • RSJ Got Talent yang bertujuan untuk menyaring dan menampung  bakat dan minat civitas hospitalia dalam bidang seni musik, peran, tari, dan berbagai talenta lain  

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba telah dilaksanakan pada acara Apel Pagi Senin 14 Mei 2018, disaksikan oleh seluruh peserta apel. Diharapkan melalui kegiatan yang telah dilaksanakan segenap civitas hospitalia dapat meningkatkan kualitas kinerja sehingga produktivitas dan kualitas pelayanan organisasi secara keseluruhan dapat meningkat (asw hukormas 0341 426015 ext 1154).