RSJRW SIAP LAYANI PEMERIKSAAN TES KESEHATAN ROHANI BAGI RATUSAN BACALEG DAN BAWASLU

Tanggal : 11-Jul-2018 | Dilihat : 660 kali

Lawang - Semarak persiapan pesta demokrasi pada tahun 2019 mendatang, turut dirasakan oleh penyedia layanan kesehatan khusus jiwa RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW).  Sejak awal bulan Juli yang lalu terjadi lonjakan permintaan tes kesehatan rohani yang berasal dari Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dan Badan Pemilihan Umum (Bawaslu), baik di tingkat kabupaten, kota maupun provinsi. Menyikapi lonjakan tersebut RSJRW menyelenggarakan tes kolektif yang dibagi dalam 5 gelombang pada 9, 11, 13, 14 dan 15 Juli 2018. Hingga saat ini tercatat lebih dari 700 bacaleg dan capanwaslu telah mendaftar, jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah saat mendekati tenggat waktu pengumpulan surat keterangan sehat rohani yang ditetapkan KPU pada 17 Juli 2018 mendatang.

Untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan oleh Bacaleg dan Bawaslu, RSJRW menyiapkan beberapa paket pemeriksaan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan diantaranya meliputi surat keterangan sehat jasmani, rohani dan surat keterangan bebas narkoba. 

Secara umum rangkaian tes yang dijalani oleh Bacaleg dan Bawaslu adalah:

  1. Tes psikologi yang bertujuan untuk mengukur kecerdasan
  2. Tes MMPI bertujuan untuk mengukur kondisi psikopatologi yang dapat memberikan gambaran kepribadian seseorang
  3. Tes wawancara psikiatri bertujuan untuk mengetahui kondisi kejiwaan
  4. Tes Fisik bertujuan untuk menilai kesehatan jasmani

Hingga saat ini RSJRW masih terus membuka pendaftaran peserta tes, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan mekanisme tes, dapat menghubungi (08113430567).