SHARING SESSION IMPLEMENTASI PIS-PK DI PUSKESMAS

Tanggal : 08-Feb-2018 | Dilihat : 163 kali

Jakarta - Puskesmas Arut Kab. Waringin Barat dan Puskesmas Soasio Kota Tidore Kepulauan memaparkan hasil penerapan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di wilayah kerjanya pada acara Workshop Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga pada 7 Februari 2018 di Jakarta.

Banyak hal yang disampaikan oleh teman-temas penggerak PIS-PK di daerah, seperti yang disampaikan oleh perwakilan dari Puskesmas Arut, Kab Waringin Barat. Dimana Puskesmas Arut yang belum menjadi puskesmas Lokus PIS-PK memberanikan diri untuk melaksanakan PIS-PK dan mendapat dukungan sepenuhnya dari Dinas Kesehatan Kab. Waringin Barat dengan mewajibkan puskesmas yang telah menjadi lokus untuk menjadi fasilitator kepada puskesmas yang belum menjadi lokus PIS-PK dan pihak Dinkes pun memberikan alokasi anggaran untuk pelatihan PIS-PK untuk puskesman non lokus.

Kemenkes turut memberikan apresiasi kepada puskesmas Soasio Kota Tidore Kepulauan, dimana dengan segala keterbatasan yang dimiliki memiliki semangat untuk maju, untuk mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Bahkan Kepala Puskesmas Soasio memberikan banyak ide-ide baru dan masukan-masukan kepada tim Kemenkes ketika mengunjugi Puskesmas Soasio.

Berbagai Implementasi PIS-PK  yang dipaparkan oleh teman-teman puskesmas maupun Dinas Kesehatan baik capaian maupun kendala-kendala yang dihadapi menjadi masukan yang membangun dan menjadi catatan bagi para pengambil kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah. Karena kesuksesan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga merupakan Program Nasional Pemerintah, dan kewajiban bagi daerah untuk mensukseskannya.