PORTAL PERENCANAAN TERINTEGRASI (PPT), DITJEN YANKES

Tanggal : 17-Mar-2017 | Dilihat : 798 kali

Balikpapan (15/03) - Direktur Mutu dan Akreditasi RS, dr. Eka Viora, Sp. KJ, MARS, selaku Plt. Setditjen Yankes menyampaikan paparan tentang Portal Perencanaan Terintegrasi (PPT) pada Rapat Persiapan Perencanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2018.

PPT adalah merupakan sistem perencanaan terintegrasi dari beberapa sistem informasi yaitu SIRS, e-Monev, ASPAK, e-Renstra dan Perencanaan Berbasis Elektronik.

Tujuan integrasi ini diantaranya untuk memperkuat Data dan Informasi serta meningkatkan pelaporan Rumah Sakit (SIRS), pemanfaatan monitoring dan evaluasi (E-Monev), sarana-prasarana & alat kesehatan (ASPAK), rencana dan strategis (e- Renstra) serta membuat perencanaan yang berbasis kondisi riil dan hasil monev, sehingga diharapkan kegiatan dana APBN dapat termonitor seluruhnya.

Prinsipnya “Bertujuan untuk meningkatkan performance pelayanan kesehatan melalui perencanaan yang akurat”  tuturnya.

Adapun alur PPT mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi merupakan satu kesatuan yang utuh dari :

Planning: Perencanaan Berbasis Elektronik (PBE)

Budgeting: RKAKL

Implementation: e-Katalog dan LPSE

Monev: e-Monev

Reporting: SIRS dan ASPAK

Pengguna Portal Perencanaan Terintegrasi (PPT) adalah rumah sakit UPT vertikal kementerian kesehatan, rumah sakit daerah, rumah sakit TNI/POLRI, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kab/Kota, BBLK, BPFK, BBKPM, BKMM, UPK  dan Kantor Pusat

Nilai Tambah yang didapat dari PPT adalah Pelaporan SIRS, e-Monev, ASPAK dan e-Renstra akan terisi maksimal, Seluruh kegiatan Dana APBN termonitor seluruhnya., Perencanaan dan evaluasi adalah satu lajur yang tidak dapat dipisah dan Hirarki kewenangan kab. Propinsi dan pusat semakin solid

Harapannya, Portal Perencanaan Terintegrasi (PPT) akan meningkatkan respon rate pelaporan, satker dapat melaksanakan kewajiban terlebih dahulu (update data dan mengirim laporan), kemudian menggunakan haknya (mengirim usulan kegiatan/anggaran) dan kebutuhan semua pihak dapat terpenuhi.

Kesimpulannya PPT merupkan aplikasi yang mewakili secara representatif dari siklus perencanaan sampai dengan evaluasi, PPT merupakan salah satu tools reward and consequence dan perlu partisipasi bersama untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dengan perencanaan yang baik.