HASIL CAPAIAN 12 INDIKATOR PIS –PK PROVINSI SULAWESI TENGAH MASIH BELUM MENCAPAI 100%

Tanggal : 21-Dec-2017 | Dilihat : 348 kali

Palu (19/12) – Berdasar data yang diterima Kemennterian Kesehatan, hasil capaian 12 Indikator PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga Provinsi Sulawesi Tengah masih belum mencapai 100%. Berdasar data tersebut, maka Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan melalui Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan, selaku coordinator Pembinaan Wilayah Sulawesi Tengan. Direktorat Mutu dan Akreditasi selenggarakan Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pada 18-20 Desember 2017, di Kota Palu.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari rekomenfdasi pertemuan Sinkronisasi Pembinaan Puskesmas dalam Rangka Pelaksanaan PIS-PK dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Primer di Yogyakarta. Dimana monitoring harus selalu dilakuakan pada setiap Implementasi PIS-PK dan hasil monitoring harus dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan tahapan Implementasi PIS-PK. Verifikasi hasil kunjungan keluarga dilakukan sebagai bentuk monitoring, yang bedrtujuan untuk menjamin kebenaran dan keakuratan informasi yang diperoleh pada saat kunjungan keluarga.

Pertemuan dibuka langsung oleh Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan. Dalam arahannya dr. Eka Viora, Sp.KJ menekankan suksesnya PIS-PK memerlukan kebersamaan pemahaman semua pemangku kepentingan, komitmen yang kuat dan kepemimpinan yang konsisten baik di tingkat Nasional maupun di tingkat daerah, dan membutuhkan dukungan dari lintas program maupun lintas sector.

Pada kesempatan tersesbut, dr. Eka Viora mengajak semua pihak yang hadir untuk dapat bekerjasama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang dilakukan demi Kesehatan Masyarakat Indonesia.