PERANAN AKUPUNTUR DALAM PENGOBATAN PALIATIF

Tanggal : 21-Feb-2017 | Dilihat : 1938 kali

Jakarta - Pelayanan medik akupunktur yang dilakukan oleh dokter merupakan salah satu jenis pelayanan kesehatan yang telah digunakan secara luas di dunia kedokteran dan manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat dalam hal pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan, bahkan digunakan dalam penyembuhan terhadap beberapa penyakit tertentu, serta untuk pemeliharaan kualitas hidup manusia.

Salah satu sesi kegiatan Peningkatan Kapasitas Dokter dalam Pelayanan Medik Akupunktur yaitu mengadakan kunjungan lapangan ke RS Kanker Dharmais (RSKD) terkait pelayanan komplementer akupuntur  dalam pengobatan paliatif, Jumat (17/2).

drg. Triputro Nugroho, M.Kes, Direktur Umum dan Operasional, dalam sambutannya menyampaikan bahwa RSKD mendapat kebanggaan menjadi tempat untuk bertukar pengalaman dan berbagi informasi dalam hal pelayanan akupuntur ini. Selain itu, RSKD sebagai pusat pelayanan kanker di Indonesia, butuh kritik dan saran sehingga upaya yang telah dilakukan lebih bermanfaat baik secara ilmu maupun pelayanan komprehensif bagi penderita kanker di Indonesia.

dr. Yuddi Gumara, SpAn, Koordinator Operasional Nyeri dan Komplementer Instalasi Paliatif, menjelaskan bahwa salah satu tujuan dari pemberian pelayanan komplementer untuk mengurangi nyeri. Hal ini dikarenakan nyeri kanker sangat kompleks (total pain). Di RSKD juga memberikan pelayanan nyeri yang cukup lengkap, bukan hanya  farmakologis namun psikologis, radioterapy dan intervensi.

dr. Adil S. Pasaribu, Sp.B.KBD, Kepala Instalasi Paliatif RSKD, memaparkan tentang penyelenggaraan pelayanan akupuntur medik di RSKD. Dalam proses perjalanan penyakit, bila pengobatan yang diberikan tidak dapat lagi menghasilkan kesembuhan ataupun pengobatan tidak dapat diberikan, maka layanan paliatif merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi keluhan pasien dan keluarga. Layanan paliatif diberikan secara menyeluruh dan terpadu terhadap aspek aspek fisik, psikologis, sosial, dan spiritual, sehingga diharapkan dapat meringankan penderitaan pasien dan beban keluarga.

Pengembangan kegiatan paliatif di RSKD telah dimulai sejak awal rumah sakit beroperasi.    Layanan paliatif bisa diperoleh langsung di RS. Kanker “Dharmais” baik di Klinik Paliatif maupun di Ruang Rawat Inap. Selain itu, layanan paliatif juga dapat dilakukan di rumah pasien sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan terlebih dahulu (Hospice Home Care).

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayaann Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes@gmail.com