PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN AUDITED 2016 TINGKAT SATUAN KERJA DAN SOSIALISASI APLIKASI SAIBA BLU

Tanggal : 17-Apr-2017 | Dilihat : 135 kali

Bogor (16/4)  - Pertemuan Yang dihadiri oleh   petugas SAIBA dan SIMAK-BMN dari satker Kantor Daerah BLU,  bertujuan untuk menghimpun hasil koreksi dalam bentuk laporan keuangan audited dan Selain untuk menghimpun Laporan Keuangan Audited tingkat satuan kerja, pertemuan ini juga untuk melakukan Sosialisasi Aplikasi SAIBA BLU.

Sesuai dengan PSAP Nomor 13 tentang Laporan Keuangan Badan Layanan Umum, satuan kerja yang berstatus Badan Layanan Umum diwajibkan membuat dua laporan tambahan selain yang terdapat pada aplikasi SAIBA dalam laporan keuangannya yang berbasis SAP, yaitu Laporan Arus Kas dan Laporan Saldo Anggaran Lebih. 

Pada Aplikasi sebelumnya belum dapat mengakomodir penambahan kedua laporan tersebut, namun pada April 2017 akan di lauching aplikasi SAIBA BLU yang diharapkan sudah mengakomodir penambahan tersebut sehingga satuan kerja BLU tidak perlu menyusun secara manual. 

BPK telah menurunkan tim-tim kecil untuk melakukan audit atas satker-satker yang terdapat pada propinsi-propinsi yang di sampling yaitu : DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara. Atas sampling tersebut telah diperoleh koreksi-koreksi yang mengubah laporan keuangan tahun 2016.

Laporan Keuangan Kementerian Kesehatan tahun 2016 kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Dalam sambutan Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pertemuan tersebut yang dibacakan oleh Direktur Kuangan RS kandou Manado, beliau menghimbau agar seluruh satuan kerja di lingkungan Ditjen Yankes mengambil langkah-langkah antisipatif, dan melakukan monitoring terhadap semua kegiatan pelaksanan anggaran sehingga permasalahan-permasalahan yang timbul dapat diketahui dan diselesaikan dengan baik. 

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com