PENGUATAN UPAYA KESEHATAN DASAR DENGAN OPTIMALISASI SARANA DAN PRASARANA FKTP

Tanggal : 08-Sep-2016 | Dilihat : 2059 kali

Jakarta (7/9) - Sebagai langkah tindak lanjut untuk mewujudkannya Penguatan Upaya Kesehatan dalam periode tahun 2015-2019 Kementerian Kesehatan melaksanakan Program Indonesia Sehat. Salah satu sasaranProgram Indonesia Sehat adalah dengan meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemeratan pelayanan kesehatan.

Untuk itu dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan terutama di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maka Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan yang dalam hal ini Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan mengadakan Pertemuan Rapat Koordinasi Teknis Pengelola Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan di Puskemas, yang diselenggarakan pada tanggal 7-9 September di Kota Jakarta.

Upaya penguatan kesehatan dasar dilakukan melalui peningkatan jaminan kesehatan, peningkatan akses mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang didukung dengan penguatan sistem kesehatan, serta peningkatan pembiayaan kesehatan. Untuk itu dalam upaya mengembangkan fasilitas pelayanan kesehatan dasar diperlukan adanya dukungan dalam pemenuhan sarana prasarana dan alat yang sesuai dengan standar.

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai Kebijakan pembangunan kesehatan yangdifokuskan pada penguatan upaya kesehatan dasar (Primary Health Care) yang berkualitas. Sehingga dibutuhkan strategi Penguatan pelayanan kesehatan yang dilakukan dengan peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, dengan menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis risiko kesehatan.

Dalam paparannya, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS mengatakan bahwa: "Dalam upaya memenuhi ketersedian alat kesehatan di puskesmas umumnya membutuhkan biaya investasi yang cukup tinggi, oleh karenanya harus dimanfaatkan secara optimal sehingga pembiayaannya menjadi efektif".

Tetapi dalam rencana pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan di FKTP harus tetap memperhatikan kondisi sumber daya yang tersedia serta dipersiapkan pula sarana pemeliharaannya secara berkala. Karena selama ini banyak ditemukan sarana dan prasarana yang dibeli namun tidak termanfaatkan dengan baik, tambah Dirjen. (rft/rfs)