PENGGANTIAN SENDI LUTUT

Tanggal : 12-Jul-2018 | Dilihat : 452 kali

dr. Robin Novriansyah, Sp. B, Sp.OT(K), Msi Med, 

dokter Spesialis Bedah Orthopedi, 

Konsultan Bedah Pinggul dan Lutut 

RSUP dr Kariadi

 

 

Sahabat Sehat, Cedera yang dialami seseorang dengan riwayat jatuh, bisa saja di kemudian hari dapat menyebabkan sakit. Misalnya orang dengan riwayat jatuh dari sepeda motor dengan posisi lutut menjadi tumpuan, setelah luka sembuh tidak ada keluhan berarti. Namun, beberapa tahun setelahnya merasakan sakit yang luar biasa di sendi lutut. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi rasa nyeri di lutut tersebut. bisa jadi karena cidera, selain itu pertambahan usia juga beresiko memunculkan penyakit tersebut. Degenerasi lutut tersebut diperberat oleh kondisi lutut yang pernah mengalami trauma yang tidak ditangani sedini mungkin. 

Kondisi masyarakat kita yang masih sangat percaya terhadap dukun pijat, dapat menyebabkan pasien trauma lutut datang ke ahli bedah dengan keadaan yang cukup parah. Jika kerusakan/trauma di sendi lutut cukup parah, maka bisa mengakibatkan berubahnya kondisi anatomi tungkai pada beberapa orang.

Apabila kerusakan yang terjadi parah, langkah yang harus dilakukan adalah operasi penggantian sendi lutut atau Total Knee Replacement (TKR). Meski demikian, operasi tersebut hanya ditujukan untuk mereka yang berusia lebih dari 60 tahun. Mereka yang masih pada usia pertumbuhan tidak disarankan menjalani operasi tersebut, karena masih ada kesempatan tulang ntuk bertumbuh. Selain itu, karena pertimbangan bahwa implan yang dipasang hanya bertahan 10 hingga 15 tahun.

Dengan informasi ini, diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk melakukan operasi sendi lutut di Indonesia dapat meningkat. Pasalnya, saat ini sebagian besarmasyarakat masih memilih operasi di luar negeri. Padahal banyak sekali dokter ahli bedah yang mempunyai ketrampilan mumpuni.

Biasanya pasien dapat berjalan pada hari kedua atau hari ketiga pasca operasi dan dapat keluar dari Rumah Sakit pada hari keempat/kelima. Dokter bedah akan memberikan petunjuk tentang latihan kekuatan otot dan pergerakan sendi lutut di rumah sampai mencapai hasil fungsi yang memuaskan, dan juga diberikan obat-obat penghilang rasa sakit dan antibiotika.