PENGABDIAN MASYARAKAT PADA IBU HAMIL DI BAMBANGLIPURO

Tanggal : 16-Oct-2018 | Dilihat : 68 kali

Yogyakarta - Sebagai kelanjutan Pengabdian Masyarakat di Pengasih Kulon Progo 24 September lalu, RSUP Dr Sardjito kembali menggelar Pengabdian Masyarakat pada Ibu Hamil di Puskesmas Bambanglipuro, Bantul, Senin (15/10). Kegiatan ini berfokus pada deteksi dini Diabetes Gestasional pada ibu hamil dengan usia kehamilan 24 – 28 minggu. Deteksi dini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan darah dan tes toleransi glukosa oral. Hasil pemeriksaan ini akan disampaikan kepada para ibu hamil melalui puskesmas dan menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis obsgyn.

Selain deteksi dini Diabetes Mellitus Gestasional, dilakukan juga pendidikan kesehatan dengan tema serupa, dan tema kesehatan ibu hamil secara umum yang disampaikan oleh dr. Detty Siti Nurdiati, Sp.OG(K). Para ibu hamil dapat menyampaikan pertanyaan pertanyaan secara umum yang terkadang menjadi mitos di tengah masyarakat, seperti ibu hamil tidak boleh makan buah atau makanan tertentu.

Pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan RSUP Dr Sardjito untuk mendukung terwujudnya ibu hamil sehat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang diprakarsai oleh Bidang Pelayanan Medik, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Intalasi Patologi Klinik, KSM Obsgyn, PDS Patologi Klinik dan Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Yogyakarta. Kegiatan serupa masih akan terus dilakukan di Puskesmas di DIY, dengan target 10 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul dan Kotamadya Yogyakarta. (RI)