PENCEGAHAN PENYAKIT GIGI PADA ANAK

Tanggal : 11-Jul-2018 | Dilihat : 119 kali

Palembang - Departemen Gigi dan mulut RSMH bekerjasama dengan PKRS RSMH Palembang mengadakan Talkshow RRI dengan Tema, Pencegahan Penyakit Gigi Pada Anak, dengan narasumber drg. Budi Asri,MM.

Dalam talk shownya dr. Busi manyatakan bahwa banyak makanan yang dikonsumsi anak berisiko merusak gigi, misalnya camilan mengandung gula dan soda asam, behel gigi dipakai untuk aksesori. Padahal, pemakaian tidak tepat bisa memicu kerusakan email gigi dan tulang (rahang), karena itu pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Menurut drg Budi Asri, tindakan pencegahan yang pertama kali sebaiknya dilakukan setelah gigi susu pertama tumbuh, dan paling lambat sebelum bayi berusia 1 tahun (usia 6 bulan – 1 tahun). Pada usia 8 sampai 10 bulan gigi susu mulai tumbuh dan  tumbuh sampai usia 5 tahun, diganti dengan gigi permanen pada usia 13 tahun dan gigi tumbuh berakhir diusia 25 tahuan. 

Faktor penyebab kerusakan gigi pada anak dapat diwaspadai agar orang tua dapat menghindarkan anak dari resiko kerusakan giginya, terlebih jika kerusakan tersebut terjadi terlalu dini. Menjaga kebiasaan yang sehat untuk merawat gigi sejak dini akan berdampak sangat baik bagi kesehatan gigi anak, sehingga ia tidak akan terganggu dengan masalah sakit gigi yang bahkan orang dewasa saja pun tidak ingin mengalaminya ujar drg Budi Asri. (Nasibah- IP3 Humas)