PESAN MENKES KEPADA DEWAS RS

Tanggal : 12-Jan-2018 | Dilihat : 217 kali

Jakarta – Pagi ini (12/1), Menteri Kesehatan RI mengukuhkan Tiga Belas Dewan Pengawas Rumah Sakit (Dewas RS) yang sudah berlangsung sejak periode 2016 hingga 2021. Adapun nama Dewas RS tersebut, yaitu (1) Tri Hesty Widyastoeti Marwotosoeko dan Farid Husain di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar; (2) Bayu Teja Muliawan di RSUP Persahabatan Jakarta; (3) Andi Saguni dan Heri Radison di RSUP dr. M. Djamil Padang; (4) Agus Hadian Rahim dan Tritarayati di RS Mata Cicendo Bandung; (5) Zaid Burhan Ibrahim di RSUP H. Adam Malik Medan; (6) Tiarta Sebayang di RSUP dr. Moh Hoesin Palembang; (7) Maura Linda Sitanggang,  Setyo Budi Hartono, Didik Khairul, dan Ratna Rosita di RS Pusat Otak Nasional Jakarta.

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan RI menyampaikan pesan kepada Dewan Pengawas untuk melaporkan kepada Menteri Kesehatan RI, apabila terjadi gejala menurunnya kinerja BLU serta memberikan saran, masukan, nasihat dan tanggapan kepada Pejabat Pengelola BLU atas laporan keuangan dan kinerja BLU yang dikelolanya dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat. 

“Saudara harus menguasai betul Rencana Stategis Bisnis (RSB) maupun Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) tahun berjalan serta peraturan pelaksanaannya, agar dapat melakukan deteksi dini berdasar analisis data yang diterima. Saya berharap Saudara dapat menjembatani setiap permasalahan yang muncul dalam pelayanan kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional, keluhan terkait dengan obat-obatan, baik ketersediaan obat, rasionalitas dan jenis obat serta layanan pendidikan yang ada di Kementerian Kesehatan,” ungkap Menkes RI.

Selanjutnya kepada Pimpinan BLU dan Dewan Pengawas segera menyiapkan Plan of Action untuk membahas langkah-langkah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk tersusunnya Plan of Action yang berdampak pada perbaikan maupun peningkatan pelayanan Rumah Sakit perlu segera dilakukan pencerahan/refreshing kepada Dewan Pengawas, terkait dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Pemanfaatan Aset serta mendorong untuk kemandirian BLU.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com