PENDEKATAN KELUARGA PERKUAT MANAJEMEN PUSKESMAS

Tanggal : 26-Jul-2017 | Dilihat : 1336 kali

SURABAYA – Kementerian Kesehatan telah meluncurkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) sebagai bentuk penjaminan hak kepada seluruh warga negara dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Artinya masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan akan terbantu dengan adanya keaktifan dari Puskesmas yang melakukan kunjungan keluarga, inilah yang dimaksud dari pendekatan keluarga.

“Keluarga merupakan target sasaran dari pelaksanaan PIS-PK. Kunjungan keluarga melalui pendekatan keluarga akan menjaring seluruh warga negara, sehingga warga negara yang sakit atau berisiko sakit segera dapat ditemukan dan segera diberikan intervensi awal,” ungkap Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, drg. Saraswati, MPH saat memberikan arahan pada Workshop Manajemen Puskesmas (25/7).

Pelaksanaan pendekatan keluarga di Puskesmas akan memperkuat manajemen Puskesmas. Dalam hal perencanaan (P1) akan diperkuat dengan bertambahnya data seluruh keluarga di wilayah kerja Puskesmas yang diperoleh dari kunjungan keluarga. Penggerakan dan Pelaksanaan (P2) akan diperkuat karena Puskesmas dapat melaksanakan pelayanan yang benar-benar sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat (keluarga).

Kegiatan manajemen Puskesmas dimulai dari perencanaan, penggerakkan dan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian kinerja untuk menghasilkan output yang efektif dan efisien. Untuk penerapan manajemen penggerakkan dan pelaksanaan diadakan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan lokakarya mini.

“Forum lokakarya mini dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kegiatan-kegiatan yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan koordinasi lintas program dan kerjasama lintas sektor. Forum tersebut dapat juga dimanfaatkan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang lebih efektif dan efisien, serta penilaian secara lebih tepat,” jelas Direktur Pelayanan Kesehatan Primer.

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan Workshop ini, sekaligus untuk mensosialisasikan pelaksanaan manajemen Puskesmas sesuai Peraturan Menteri Kesehatan nomor 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas yang diintegrasikan dengan PIS-PK.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com