PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK DUKUNG PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA

Tanggal : 13-Mar-2017 | Dilihat : 1795 kali

Jakarta – Pelayanan Kesehatan Bergerak menjadi solusi untuk meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil dan sangat terpencil. Hal ini dibuktikan pada rencana strategis Kementerian Kesehatan 2015 – 2019 adanya penguatan pelayanan kesehatan, diantaranya peningkatan akses Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Upaya yang dilakukan Pemerintah dengan membentuk tim pelayanan kesehatan bergerak, terdiri dari tim provinsi, kabupaten dengan melibatkan Puskesmas. Pelayanan Kesehatan Bergerak ini dilaksanakan, selain untuk penguatan pelayanan kesehatan, juga meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar terwujudnya paradigma sehat,” ungkap Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, dr. Gita Maya Koemara Sakti, MHA pada pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Bergerak (12/3).

Direktur PKP mengingatkan saat pertemuan Rakerkesnas bahwa Pelayanan Kesehatan Bergerak dapat mendukung penguatan paradigma sehat dan terlaksananya Program Indonesia Sehat dan Pendekatan Keluarga (PIS - PK). Artinya, tim Pelayanan Kesehatan Bergerak ini mendatangi setiap keluarga agar masyarakat akan semakin peduli untuk menjaga kesehatannya.

“Pengintegrasian Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dengan Pelayanan Kesehatan Bergerak merupakan salah satu butir rekomendasi Rakerkesnas 2017, dimana implementasi PIS – PK ditekankan pada integrasi aspek SDM, sumber biaya, fasilitas termasuk program UKM dan UKP dengan memperhatikan manajemen Puskesmas,” ujar Direktur PKP.

Terlaksananya Program ini juga mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Hal ini pun mendorong tercapainya SPM bidang kesehatan Kabupaten/Kota sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal, dimana setiap warga berhak memperoleh pelayanan kesehatan dasar sesuai standar yang akan menjadi tolak ukur kinerja Pemerintah Daerah.*dsy

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com