PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK BUTUH KOMITMEN PEMERINTAH DAERAH

Tanggal : 13-Mar-2017 | Dilihat : 1662 kali

Jakarta – Berhasilnya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga tidak terlepas dari implementasi Pelayanan Kesehatan Bergerak yang berjalan di daerah. Karena, dengan pelayanan kesehatan bergerak dapat meningkatkan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan membuat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil.

“Bahwa dijelaskan pelayanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kawasan terpencil dan sangat terpencil dilakukan melalui berbagai pendekatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan karakteristik masing-masing daerah dan kebutuhan masyarakat setempat,” ungkap Direktur Pelayanan Kesehatan Primer pada Pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Bergerak (12/3).

Artinya, Pemerintah Daerah yang mengetahui wilayahnya. Oleh sebab itu, pembinaan daerah terpencil dan sangat terpencil menjadi salah satu tanggung jawab Pemerintah Daerah untuk dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan baik.

“Kementerian Kesehatan telah memberikan dukungan kebijakan dan juga pengalokasian dana dekonsentrasi untuk penguatan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini, dengan harapan Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten dapat melaksanakan program tersebut dengan sebaik-baiknya, sesuai ketentuan yang berlaku disertai dengan pelaporan yang komprehensif kepada Kementerian Kesehatan,” jelas Direktur PKP.

Dengan pertemuan ini diharapkan adanya evaluasi Pelayanan Kesehatan Bergerak tahun 2016, sekaligus memberikan saran untuk pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak tahun 2017 dan perencanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak tahun 2018.

“Saya mengharapkan dukungan secara khusus kepada jajaran Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mendukung sepenuhnya pembangunan dan pelayanan kesehatan bergerak di daerah terpencil dan sangat terpencil sesuai kriteria yang ditetapkan, sehingga terlaksana pelayanan kesehatan yang maksimal, bermutu dan berkeadilan dalam mewujudkan Indonesia Sehat,” tegas Direktur PKP. *dsy

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com