OBESITAS PICU RESIKO PENYAKIT JANTUNG

Tanggal : 20-Sep-2018 | Dilihat : 79 kali
Oleh dr. MA Sungkar, SpJP dari RSUP dr.Kariadi

Sahabat sehat, pencegahan penyakit jantung dapat dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. Sebab potensi penyakit jantung bagi bayi lahir tergolong tinggi yakni terdapat terdapat satu dari 100 bayi. Namun yang dapat mengakses fasilitas kesehatan belum banyak, sehingga fenomena penyakit jantung pada anak seperti fenomena gunung es.

Sejak dini penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia ini dilakukan dengan melindungi anak dari paparan jahat lingkungan. Seperti asupan makanan dan pola pergaulan, dalam pola makan anak harus dihindarkan dari makanan cepat saji, sementara dalam bergaul anak harus diajak berolahraga yang disiasati dengan bermain. Kalau belum bisa menghentikan makanan cepat saji pada anak, minimal dikurangi dulu. Nanti anak cepat gemuk lalau obesitas yang berisiko terkena penyakit jantung.

Upaya pencegahan lain melalui  kesehatan ibu yang mengandung terutama pada trimester awal. Kesehatan ibu hamil agar pada masa awal pembentukan organ badan bayi bisa utuh. Risiko jantung koronen pada bayi yang lahir prematur sangat besar, sehingga selama mengandung diperhatikan kesehatan ibu dan bayi. Obesitas pada anak banyak menimbulkan penyakit-penyakit mulai dari gangguan pembuluh darah.