NCC 119 RAIH TOP 40 INOVASI PELAYANAN PUBLIK INDONESIA TAHUN 2017

Tanggal : 26-Aug-2017 | Dilihat : 1310 kali

Surakarta (25/08)  - 119 Kolaborasi Nasional Layanan Emergensi Medik di Indonesia atau lebih dikenal dengan NCC (National Command Center) 119 berhasil meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia tahun 2017. Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia  adalah gelaran panghargaan tertinggi dalam bidang pelayanan Publik.  Dalam gelaran penghargan teresebut Kementerian Kesehatan menjadi salah satu dari beberapa kementerian, yang berhasil meraih empat pengahgaan Top 40. Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Puan Maharani kepada Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K). pada pembukaan Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental tahun 2017 bertempat di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jumat (25/8).

Pada gelaran tahun keempat pelaksanaan kompetisi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB  pada tahun 2017, 119 Kolaborasi Nasional Layanan Emergensi Medik di Indonesia atau lebih dikenaL dengan NCC (National Command Center) 119 berhasil mengalahkan ribuan inovasi yang didaftarkan pada Kompetisi ini. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan patut berbangga hati, karena Layanan Emergensi Medik NCC (National Command Center) 119 telah mampu di aplikasikan di berbagai daerah dengan terbentuknya ratusan PSC (Public Service Center) 119, sehingga memberikan dampak positif terhadap layanan kegawatdaruratan di Indonesia.

Hal tersebut senada dengan salah satu program yang sedang digalakkan oleh pemerintah masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, yaitu gerakan revolusi mental. Gerakan revolusi mental adalah gerakan untuk mengembleng manusia-manusia Indonesia menjadi manusia yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, dan berjiwa api yang menyala-nyala.

Salah satu perwujudan gerakan revolusi mental, adalah merubah paradigma pemerintah dari yang sebelumnya meminta untuk dilayani, menjadi pemerintah yang melayani. Harapannya dengan munculnya berbagai inovasi-inovasi, maka dapat mempebaiki stigma negatif masyarakat terhadap pemerinatah.

Harapan besar untuk mewujudkan pemerintahan yang benar-benar melayani masyarakat. Terlebih pada era globaliasi saat ini sisi pelayanan masyarakat menjadi salah satu sorotan masyarakat. Semoga dengan diraihnya penghargaan Top 40 40 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia, dapat memacu unit-unit lain untuk dapat menelnurkan berbagai inovasi terbaru di Kementerian/lembaga lain tekait pelayanan publik.