MANFAAT BUAH BAGI KESEHATAN

Tanggal : 14-May-2020 | Dilihat : 117 kali
penulis :dr. Wiji Lestari, M.Gizi, SpGK, dr. Gabriella NurahmaniDept  Ilmu Gizi  RSCM  FKUI Buah adalah salah satu jenis makanan yang tidak hanya menyegarkan, namun juga menyehatkan bagi tubuh. Buah adalah bagian tanaman yang menyimpan gula dalam bentuk fruktosa, sehingga dengan mengkonsumsi buah kita juga mendapatkan sumber energi untuk tubuh. Meski demikian, kandungan gula dalam buah lebih sedikit dibandingkan makanan manis ataupun processed food lainnya.  Buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebagai kudapan karena memiliki kadar lemak, garam, dan kalori yang rendah sehingga bermanfaat untuk mengontrol berat badan.Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Mineral yang banyak terdapat pada buah misalnya kalium, berperan untuk regulasi cairan, sinyal saraf, dan kontraksi otot. Buah yang mengandung banyak kalium antara lain pisang, prunes, apricot, melon, jeruk, kismis, kurma, dan jeruk bali. Asupan kalium yang cukup juga dapat membantu mengontrol tekanan darah pada penderita darah tinggi/ hipertensi. Vitamin yang banyak terdapat dalam buah antara lain vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas pada jaringan tubuh. Buah yang kaya akan vitamin C adalah jambu, jeruk, kiwi, nanas, jeruk dan banyak buah lainnya. Vitamin dan mineral lain yang banyak terkandung dalam buah adalah vitamin A, berbagai vitamin B, asam folat, vitamin E, vitamin K, magnesium, tembaga, dan zinc. Buah-buahan juga mengandung berbagai zat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan berbagai penyakit.Buah-buahan mengandung banyak serat dan air. Serat dalam buah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga konsumsi yang benar dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Serat juga membantu proses pencernaan dan mencegah konstipasi. Serat pada buah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah kita untuk makan dalam jumlah terlalu banyak. Kandungan air dalam buah berguna untuk mencegah dehidrasi, melarutkan gula dalam buah, dan melarutkan vitamin. World Health Organization (WHO) merekomendasikan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari. Satu porsi buah setara dengan:•    Satu buah berukuran besar, seperti apel, pir, pisang, jeruk atau satu potong besar melon.•    Dua buah berukuran kecil, seperti plum dan kiwi.•    Satu cangkir atau 100 gram buah anggur, stroberi, rasberi, atau buah ceri.•    Dua sendok makan salad buah, atau pun buah kalengan.•    Satu sendok makan buah kering.•    Satu gelas (150 ml) jus buah segar.Konsumsi buah segar lebih dianjurkan dibandingkan minum jus buah agar serat yang dikandungnya masih utuh dan bermanfaat bagi tubuh. Hindari mengonsumsi buah yang dikeringkan karena kadar gulanya telah lebih tinggi daripada buah segar. Konsumsi buah harus dilakukan dengan hati-hati pada pasien diabetes karena gula buah berkontribusi besar dalam peningkatan gula darah. Pilihlah buah-buahan dengan jenis dan warna yang variatif setiap harinya, agar mendapatkan berbagai vitamin dan mineral yang lengkap. PKRS  RSCM

Sekretariat