LAPORAN KEUANGAN YANG RAPI, TRANSPARAN DAN AKUNTABEL, KUNCI UTAMA KEMENKES RAIH WTP KE-5

Tanggal : 30-Jan-2018 | Dilihat : 394 kali

Bekasi (29/01) – “Laporan keuangan yang rapi, transparan dan akuntabel, kunci utama bagi Kementerian Kesehatan untuk meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-5”. Demikian disampaikan oleh Inspektur I pada Inspektorat Jenderal Kemenkes, Edward Harefa, SE, MM, CFrA, QIA dalam pembukaan acara Pertemuan Penyusunan Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara, Ditjen Pelayanan Kesehatan Tahun 2017.

Berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kemenkes telah mendapatkan opini WTP sejak tahun 2013 hingga 2016. Sehingga, diharapkan, tahun 2017 ini, Kemenkes kembali dapat meraih opini WTP tersebut untuk yang kelima kalinya selama berturut-turut. Guna mencapai hal tersebut, maka hal mendasar yang wajib dilakukan adalah dengan menjaga dan meningkatkan kualitas dari laporan keuangan tersebut. Laporan keuangan yang rapi, transparan, dan akuntabel inilah yang akan membawa Kemenkes meraih predikat yang membanggakan tersebut.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan dari enam satuan kerja kantor pusat beserta 34 satker dekonsentrasi ini, nantinya diharapkan agar seluruh satker dapat melakukan rekonsiliasi dengan eselon I sekaligus melakukan review dengan Inspektorat Jenderal. Dari tahap ini, nantinya satker akan menerima Berita Acara Rekonsiliasi SAIBA dan SIMAK BMN dari rekonsiliasi dengan eselon I, beserta Ikhtisar Hasil Review (IHR) dan Catatan Hasil Review  (CHR) dengan Inspektorat Jenderal. 

Inspektur I juga menyampaikan, hendaknya segala catatan dan rekomendasi atas laporan keuangan semester I lalu yang telah direview juga segera ditindaklanjuti dengan perbaikan yang diperukan, sehingga benar-benar satker dapat menyempurnakan berkas pelaporan keuangannya dengan akuntabilitas yang terpercaya. 

“Jika laporan keuangan dari masing-masing satker pusat maupun dekonsentrasi dapat menunjukkan kualitasnya, maka bukan mustahil, Kementerian Kesehatan dapat meraih opini WTP kelimanya,” pungkas Inspektur I. **DNI

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan  Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com