LANGKAH HIDUP SEHAT TANPA PENYAKIT JANTUNG

Tanggal : 15-May-2018 | Dilihat : 31 kali
Oleh : dr. Safir, Sp.JP, FIHA  dari RSUP dr. Kariadi

Sahabat sehat, pernahkah Anda mendengar atau ada orang, kerabat, tetangga, orang yang kita kenal tiba–tiba meninggal dunia tanpa didahului sakit sebelumnya. Dan biasanya kita sering menduga bahwa penyebab kematian yang mendadak tersebut karena penyakit atau serangan jantung. Memang benar bahwa penyakit kardiovaskular saat ini menjadi penyebab paling banyak kematian tidak hanya di Indonesia akan tetapi di seluruh dunia. Diantara berbagai macam penyakit jantung, penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang paling sering dijumpai dan membawa dampak yang serius.

Pencegahan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu : pencegahan primer sebelum sesorang terkena penyakit jantung, dan pencegahan sekunder dimana seseorang sudah menderita sakit jantung akan tetapi diupayakan supaya jangan sampai timbul komplikasi ataupun perburukan dari penyakitnya. Diantara pencegahan yang dapat kita lakukan untuk penyakit kardiovaskular yaitu dengan mengenai faktor-faktor risiko apa saja yang berdampak pada penyakit kardiovaskular dimasa yang akan datang, sehingga kita dapat mengantisipasi atau menghindar faktor risiko tersebut. 

Faktor risiko untuk kejadian penyakit kardiovaskular secara umum dibagi menjadi 2 yaitu : faktor yang dapat dimodifikasi ( diubah) seperti perilaku merokok, hipertensi, diabetes, hiperkolesterol, pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, obesitas serta stress. Sedangkan faktor yang tidak dapat diubah seperti usia ( laki-laki : >55 tahun, perempuan : >56 tahun), jenis kelamin (lebih banyak laki-laki) dan riwayat keluarga sakit jantung (faktor genetik). Akan tetapi seiring dengan perkembangan jaman dan perubahan gaya hidup, penyakit jantung semakin tidak mengenal usia, orang yang masih muda pun bisa terkena penyakit jantung.

Sahabat sehat, tahukah Anda langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan agar jantung tetap sehat? Yang perlu dilakukan yaitu :

1.       Menjaga kadar kolesterol darah

2.       Tinggalkan rokok

3.       Melakukan aktivitas fisik secara teratur

4.       Pola makan sehat dan seimbang

5.       Menjaga berat bada tetap sehat

6.       Mengendalikan tekanan darah

7.       Mengendalikan kadar gula darah

Dengan menjalankan 7 langkah sehat diatas, maka diharapkan akan dapat mengurangi risiko untuk terjadinya serangan jantung dan kematian mendadak sehingga meningkatkan kualitas kesehatan sesorang yang juga akan berimbas terhadap peningkatan kualitas hidup dan produktivitas.

(Nizaar Ferdian – PKRS RSUP dr Kariadi)