JADILAH PENDONOR DARAH SUKARELA

Tanggal : 03-Jul-2018 | Dilihat : 1147 kali

Jakarta (03/07) – Kementerian Kesehatan menggelar peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni oleh negara-negara di seluruh dunia. Tahun ini, tema kampanye adalah donor darah sebagai aksi solidaritas. Dengan slogan “Hadirlah untuk sesama. Berikan darahmu. Berbagi kehidupan”.

Kegiatan donor darah ini bekerjasama dengan UTD RSUP Fatmawati dan UTD Pusat PMI, dengan total donor darah sukarela sebanyak 300 pendonor. Selain itu juga, adanya pemeriksaan golongan darah ABO dan Rhesus untuk 100 orang. Pendonor berasal dari pegawai, keluarga pegawai Kementerian Kesehatan dan masyarakat umum. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk ucapan terima kasih bagi pendonor darah sukarela dan bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menyumbangkan darahnya secara sukarela dan teratur,” ungkap Dirjen Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS. 

Perlu diketahui bahwa, aksi donor darah ini melihat jumlah kebutuhan darah di Indonesia. Berdasarkan standar WHO, jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,2 juta kantong darah pertahun, artinya sekitar 2 persen jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan kita tahu produksi darah dan komponennya saat ini sebanyak 4,2 juta kantong dari 3,3 juta donasi. Dari jumlah darah yang tersedia sebanyak 92 persen diantaranya berasal dari donasi sukarela. 

Pada kesempatan itu, Sekjen Kementerian Kesehatan dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pendonor atas kesediaannya menyumbang darah kepada pasien yang membutuhkan. 

“Kita yang bekerja di bidang kesehatan, saya minta agar dapat memberikan teladan kepada masyarakat dengan menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup kita. Sehingga akhirnya aksi donor darah sukarela tidak hanya dilaksanakan pada acara khusus saja, tetapi menjadi bagian gaya hidup masyarakat untuk secara rutin mendonorkan darahnya menjadi Donor Darah Lestari,”harap Sekjen Kemenkes. 

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com