IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SPM BIDANG KESEHATAN INTEGRASI DENGAN PISPK DAN GERMAS

Tanggal : 28-Mar-2018 | Dilihat : 542 kali

ACEH - Puskesmas akan meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan kemasyarakat dengan melakukan kunjungan pada seluruh keluarga di wilayah kerjanya. Status kesehatan masyarakatakan meningkat, angka kesakitan akan turun, sehingga produktivitas masyarakat akan tinggi dan diharapkan Bangsa Indonesia akan men dapat bonus demografi dari segi produktifitas masyarakat. Adanya PIS-PK serta didukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) akan menjadi kegiatan strategis untuk mencapai Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan bagi Pemerintah Daerah.

SPM bidang Kesehatan adalah filosofi untuk mencapai tujuan memenuhi hak-hak rakyat yang paling minimal harus diberikan dibidang kesehatan. Ruang lingkupnya meliputi semua kelompok umur mengikuti siklus kehidupan dan cakupannya harus 100%, karena memenuhi hak-hak rakyat sehingga semua rakyat tanpa terkecuali harus mendapatkan pelayanan minimal ini.

Metode pelaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Petugas pro-aktif mengunjungi keluarga untuk mengetahui masalah kesehatan yang merekahadapi, untuk kemudian diberi solusinya sedini mungkin. Cakupannya harus total coverage sesuai dengan tujuan yang tertulis dalam SPM bidang kesehatan.

Germas merupakan cara untuk melaksanakan SPM melalui pemberdayaan masyarakat, dengan cara mengoptimalkan potensi masyarakat setempat dalam bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) seperti posyandu, kelas ibu hamil, posbindu PTM, Pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja), dan sebagainya. (ant)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com