CEGAH ABSES PADA GIGI

Tanggal : 12-Jul-2018 | Dilihat : 57 kali

drg. Devi farida U, SpBM - RSUP Dr. Kariadi

Sahabat sehat, abses pada gigi patut diwaspadai karena dampaknya yang mengakibatkan kematian. Abses merupakan infeksi pada rawang gigi bagian atas atau bawah. Secara kasat mata orang yang terkena abses terjadi bengkak pada rahang. Jika di rahang bawah seperti gondok dan apabila di atas seperti mengenai mata.

Abses terjadi karena gigi berlubang terinfeksi kuman kemudian mengenai pulpa atau jaringan syaraf gigi. Selanjutnya pulpa mengeluarkan racun yang menembus mukosa pipi dan merusak tulang. Imbas dari racun pula akan membuat bengkak rahang dan terdapat nanah. Awalnya bengkaknya mengecil, tapi lama-lama menjadi besar seperti benjol di pipi isinya cairan nanah.

Kuman menginfeksi gigi dari lubang yang berada di bagian atas gigi dan lubang dari samping. Ukuran lubang besar atau kecil tetap dapat dimasuki oleh kuman. tetapi abses bisa terjadi juga karena gusi dan gigi tidak menempel dan mengakibatkan infeksi kuman. gigi mati yang tidak dirawat juga menyebabkan abses.

Penanganan abses ini dapat dilakukan dengan beda ringan untuk mengambil nanah lalu gigi diberi antibiotik dalam jumlah besar. Hal itu harus segera dilakukan agar abses tidak menyebar ke dasar mulut lalu turun ke paru-paru, ginjal atau kaki. Abses juga bisa naik menyerang otak. Abses bisa menyebar sampai menutupi jalur pernafasan dan mengenai organ dalam. Itu yang mengakibatkan kematian.

Ketahanan tubuh pada seseorang mampu menangkis infeksi dari kuman. orang yang ketahanan tubuhnya lemah akan mudah terkena. Abses ini bisa  mengenai semua umur. Tetapi proses terjadinya abses tidak sama. Jika ketahanan tubuh baik, maka sulit berlubang. 

Orang dengan diabetes akan lebih mudah terkena dan lebih parah saat terkena abses. Untuk itu saat memeriksakan gigi diperiksa juga gula darahnya. Apabila gula darah tinggi, maka diturunkan dahulu. Gigi geraham paling banyak terkena abses, karena digunakan untuk mengunyah. Sehingga ada sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu gigi geraham letaknya di belakang susah dijangkau saat dibersihkan. Gigi hendaknya dibersihkan dengan sikat gigi usai makan agar sisa-sia makanan tidak mengikis enamel sehingga mengakibatkan luabng gigi. Makanan dan minuman dengan rasa manis juga dikurangi atau dikudap secukupnya. 

Nizaar Ferdian – PKRS Humas RSUP Dr.Kariadi