HOSPITAL SCHOOLING RSMH, BERBAGI KECERIAAN DIAKHIR PEKAN.

Tanggal : 11-Jul-2018 | Dilihat : 275 kali

Palembang - Thalasemia dan Leukemia merupakan penyakit yang diderita anak-anak yang dirawat di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, rata –rata 50-70 orang perbulan. Lamanya masa perawatan dan harus mengikuti program kemoterapi yang memakan waktu cukup  lama membuat jenuh.

Rindu suasana bermain dan belajar membuat  Dr. Dian Puspitasari, Sp.A (K) mendirikan hospital schooling, kegiatan dilaksanakan setiap hari Sabtu sore pukul 15.00 s.d 16.00 WIB di gedung Instalasi kesehatan-anak lantai 2. 

Anak-anak yang dirawat dapat belajar sambil bermain bersama tim pengajar yang terdiri dari dokter anak, residen, coass, perawat maupun pihak lain yang peduli seperti dari yayasan kanker anak Indonesia (YKAI) dan Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia Indonesia (POPTI) serta Mahasiswa.

Suasana bermain dan belajar yang diciptakan membuat anak-anak tetap semangat mengikuti kegiatan hospital schooling tersebut, walaupun baru menjalani kemoterapi atau tranfusi bahkan infuse masih terpasang namun binary keceriaan terpancar dimata anak-anak tersebut. Selain kegiatan menggambar, mewarnai dan bernyayi,  anak-anak juga diberi pertanyaan, bagi yang bisa menjawab dengan benar diberi hadiah. Antusias anak-anak dalam kegiatan ini diharapkan dapat menghibur hati orang tuanya.

Meskipun kondisi hospital schooling yang ada di Instalasi anak RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, baik sarana, prasarana maupun tenaga pengajar yang masih sangat terbatas, namun kami hanya ingin memberikan suasana yang berbeda dan memotivasi anak-anak yang dirawat, menjalani pengobatan sambil belajar, bermain dan bernyayi diharapkan dapat membagikan keceriaan kepada ayah dan bunda yang selalu menemani masa perawatan, tranfusi maupun kemoterapi. Melihat jari-jari kecil mu menari mewarnai gambar, memberikan senandung indah ditelinga ayah dengan nyayian yang terucap dari bibir mungil ananda. Ayo…tetap semangat bunda, tetap tegar ayah, dan untuk anak-anak yang kuat, pantang menyerah, jadilah anak hebat… masa depan menantimu.

Mudah-mudahan dengan adanya hospital schooling ini dapat memberikan keceriaan dan suasana gembira bagi anak-anak dan orang tua penderita leukemia, thalasemia maupun anak-anak dgn diagnose lain yang sedang dirawat, dapat memberikan motivasi untuk tetap berjuang, pantang menyerah dan tidak pasrah kepada nasib, karena hidup ini adalah kenyataan yang harus diperjuangkan. Wahai ayah dan bunda ..yakinlah Tuhan memberikan takdir dengan adil dan bijaksana, segalanya sudah diukur dengan maha sempurna dan luarbiasa…. (TKPKRS)