HASIL MANAJAMEN PUSKESMAS YANG TERSTANDAR MAMPU KELOLA PRIORITAS MASALAH

Tanggal : 26-Jul-2017 | Dilihat : 1314 kali

SURABAYA – Wilayah kerja Puskesmas banyak ditemukan berbagai masalah kesehatan, seperti masalah kematian neonatal, Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), hipertensi, imunisasi, gangguan jiwa, gizi buruk, dan berbagai masalah lainnya. Kemudian, ditambah dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) harus lebih fokus melihat persoalan pada 12 indikator dan terdapat juga permasalahan kesehatan di luar hal tersebut.

“Ini menjadi kerangka pikir dalam membina Puskesmas, dipahami betul bahwa banyak sekali permasalahan dan persoalan kesehatan di wilayah kerja puskesmas yang harus ditangani. Artinya, Puskesmas sebagai penanggung jawab wilayah kecamatan harus dapat menentukan prioritas masalah yang harus ditangani, sehingga upaya-upaya dalam menyelesaikan masalah kesehatan di wilayah kerjanya dapat berhasil,” ungkap Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, drg. Saraswati, MPH saat menjelaskan materi terkait Kebijakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (25/7).

Selain itu, Puskesmas harus melakukan integrasi program melalui pelaksanaan manajemen Puskesmas, sehingga ketika dilakukan kunjungan keluarga, semua yang diselesaikan secara komprehensif dengan tetap dilakukan intervensi.

“Dengan begitu banyak masalah, harus ada integrasi yang baik. Itulah perlu manajemen puskesmas artinya harus saling integrasi dan berakhir dengan penilaian kinerja puskesmas,” jelas Direktur Pelayanan Kesehatan Primer.

Untuk menjamin bahwa pelaksanaan manajemen Puskesmas dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka perlu dibentuk tim manajemen Puskesmas yang berada di bawah koordinasi dan supervise Kepala Puskesmas. Dalam melaksanakan manajemen Puskesmas, salah satu pengetahuan yang harus dipelajari Tim adalah program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com