DEWAN PENGAWAS BEKERJA DAN BERKINERJA DENGAN BAIK

Tanggal : 30-Apr-2018 | Dilihat : 613 kali

Jakarta (29/04) – Dewan pengawas bukan hanya bertugas menjamin pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu juga, dewan pengawas diharapkan menjadi advisory board yang mengawasi direksi dalam menjalankan roda organisasi.

“Pola pengelolaan keuangan BLU telah memberikan fleksibilitas keuangan yang cukup luas dalam menyelenggarakan pelayanan secara efektif, efisien dan menjangkau lapisan masyarakat. Artinya, dengan tugas ini dewan pengawas memastikan bahwa pelayanan kesehatan rumah sakit tetap berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ungkap Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS pada pertemuan dewan pengawas di lingkungan Ditjen Pelayanan Kesehatan (29/2).

 

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Pelayanan Kesehatan Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes menyampaikan bahwa adanya potensi permasalahan pengelolaan BLU dan remunerasi, antara lain (1) kewajaran, penilaian kinerja dan perhitungan remunerasi yang “tidak wajar”, (2) batas maksimal KMK, perhitungan remunerasi melebihi batas maksimal remunerasi, dan (3) kesetaraan dan kepatutan, prinsip kesetaraan dan kepatutan dalam pemberian remunerasi. 

“Untuk itu diperlukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan BLU dan remunerasi, disinilah peran dewan pengawas dengan mengawasi dan memberikan masukan kepada satker mengenai pelaksanaan BLU dan remunerasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar dr. Agus Hadian saat memberikan materi potensi permasalahan pengelolaan BLU dan remunerasi (30/4). 

Diharapkan dengan pertemuan ini, dewan pengawas dapat bekerja maksimal, mengawasi BLU berkinerja dan bekerja lebih baik, demi meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. 

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan  Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com