FORUM DISKUSI WILAYAH BINAAN DITJEN YANKES DALAM UPAYA MEWUJUDKAN UNIVERSAL HEALTH COVERAGE

Tanggal : 08-Mar-2018 | Dilihat : 879 kali

Jakarta - Direktorat Jenderal Pelayanan Kesshatan selaku Pembina  Wilayah (Binwil) 5 Provinsi di Indonesia, gelar Forum Diskusi   antar provinsi binaan Ditjen Yankes. Pertemuan tersebut merupakan salah satu sesi dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2018.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan memiliki lima wilayah binaan, antara lain Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dengan pembina Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer, Provinsi DKI Jakarta dengan pembina Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Provinsi Jawa Tengah dengan Pembina Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional, Provinsi Kalimantan Timur dengan Pembinan Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan, dan Provinsi Sulawesi Tengah dengan Pembina Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan.

Diskusi antara binwil dengan Direktorat Pembina di dampingi oleh Tim dari Biro Perencanaan, Pusat Determinan Kesehatan, dan dari Direktorat Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit. Pertemuan antar binwil tersebut membahas terkait tema besar Rakerkesnas 2018 yaitu bagaimana menciptakan sinergisme Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Universal Health Coverage melalui Percepatan Eliminasi Tuberculosis, Penurunaan Stunting, dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi.

Dirjen Yankes, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS menekankan kepada seluruh peserta diskusi agar dapat memanfaatkan sepenuhnya forum ini sebagai sarana konsultasi dalam upaya mewujudkan Universal Health Coverage dengan prioritas tiga permasalah yang menjadi fokus Rakerkesnas 2018. Harapannya Para peserta diskusi diharapkan dapat menyusus Rencana Aksi Daerah untuk menyukseskan apa yang menjadi tujuan dari Rakerkesnas 2018.