EVALUASI PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA (PIS-PK) DI PROVINSI ACEH

Tanggal : 28-Mar-2018 | Dilihat : 676 kali

ACEH (27/3) - Sampai dengan tahun 2018, Puskesmas yang melaksanakan PIS-PK telah tersebar di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi.  Pada Provinsi Aceh ditahun 2018 akan dilaksanakan 257 Puskesmas yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Dari hasil evaluasi implementasi PIS-PK, seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh sudah melaksanakan kunjungan keluarga dan intervensi awal, walau pun persentasi kunjungannya masih berbeda-beda. Namun secara nasional Provinsi Aceh peringkat persentase kunjungan berada pada peringkat ke23 dengan Indeks Keluarga Sehatnya sebesar 0,240.

Hal ini membutuhkan komitmen dan dukungan bersama dari seluruh komponen pemerintah daerah tidakhanya di jajaran kesehatan, karena manfaat dari pendekatan keluarga adalah untuk seluruh masyarakat di provinsi Aceh. Hasil monitoring implementasi PIS-PK pada tahun 2017, menjadi masukan buat kita bersama sehingga kendala yang sama tidak akan terulang lagi di tahun 2018.

Diadakannya  pertemuan Evaluasi PIS-PK untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan penajaman Rencana Aksi Daerah  (RAD) dalam upaya percepatan eliminasi tuberkulosis (TBC), penurunan stunting dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi. Upaya yang akan dilakukan diperkuat dengan pelaksanaan PIS-PK. (ant)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com