DITJEN YANKES TINDAKLANJUTI TEMUAN BPK-BPKP-ITJEN DAN HIBAH BMN

Tanggal : 27-Jul-2018 | Dilihat : 796 kali

Bogor - “Dalam  rangka  meningkatkan  efektivitas  pengawasan  fungsional dan menunjang terwujudnya penyelenggaraan  pemerintahan  yang  bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) maka setiap temuan, baik itu temuan BPK, BPKP maupun Itjen, wajib ditindaklanjuti oleh  pimpinan  instansi pemerintah pusat daerah secara konsisten dan bertanggungjawab”, demikian sambutan Sekretaris Ditjen Pelayanan Kesehatan yang dibacakan oleh Direktur Utama RS dr. Marzoeki Mahdi, dr. Bambang Eko Sunaryanto, Sp.KJ, MARS pada Pertemuan Percepatan Tindak Lanjut Temuan BPK, BPKP dan Itjen di lingkungan Ditjen Pelayanan Kesehatan (25/7).

“Walaupun Kementerian Kesehatan telah mendapat predikat WTP selama 5 tahun berturut-turut, namun satker tetap berkewajiban untuk memberikan tindak lanjut atas rekomendasi terhadap laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK, BPKP maupun Itjen. Pertemuan ini dilakukan sebagai  upaya  perbaikan  manajemen  pemerintah dan penuntasan hasil temuan yang dapat mendorong pemulihan citra dan kewibawaan pemerintah”, jelas Bambang.

Pertemuan ini bertujuan mengumpulkan tindak lanjut hasil pemeriksaan satker atas kerugian negara maupun administrasi, dan sebagai sarana mengkomunikasikan kendala-kendala yang menyebabkan satker belum dapat melaksanakan rekomendasi dari pemeriksa. Pertemuan ini diikuti oleh 40 satuan kerja yang terdiri dari Kantor Pusat, Kantor Daerah, dan Tugas Perbantuan dan Dana Dekonsentrasi (TP/DK).

Bersamaan juga diselenggarakan Kegiatan Penyelesaian Masalah Pengelolaan Hibah BMN di lingkungan Ditjen Yankes yang diikuti 2 Provinsi (Aceh dan Sumatera Utara) dan 57 satker TP/DK.  Pada kegiatan ini dilakukan proses penelaahan terhadap pengajuan usulan hibah BMN yang harus dijalani. Sedangkan untuk LHP akan dilakukan penelaahan atas tindak lanjut yang diberikan sehingga statusnya dapat tuntas selesai sesuai rekomendasi. (iwj/amc)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes@gmail.com