DITJEN YANKES SELENGGARAKAN SOSIALISASI NSPK BIDANG PELAYANAN KESEHATAN BERSAMA KOMISI IX DPR RI

Tanggal : 15-Aug-2018 | Dilihat : 719 kali

Prabumulih (09/08) – Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Khususnya Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menyelenggrakan Sosialisasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria Bidang Pelayanan Kesehatan bersama Komisi IX DPR RI pada Kamis, 9 Agustus 2018

Acara diselenggarakan di Kelurahan Gunung Kemala, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Acara dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani, SE, Kepala Sub Bagian Peraturan dan Perundang Undangan Setditjen Yankes, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan Dinas Kesehatan Prabumulih, Perwakilan Kecamatan Prabumulih Barat, dan Lurah Gunung Kemala.

Kegiatan yang tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan Bersama Komisi IX DPR RI selaku mitra kerja. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula mengenai berbagai program pemerintah khusunya di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Salah satu yang disampaikan adalah Program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Dalam kegiatan tersebut, ternyata masih cukup banyak masyarakat yang belum melaksanakan Germas. Moment tersebut dimanfaatkan oleh Ditjen Yankes bersama Komisi IX DPR RI untuk kembali lagi mengkampanyekan Germas, 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Secara khusus, GERMAS diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan mengurangi beban biaya kesehatan. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia sehat.