PENINGKATAN KAPASITAS SDM DINKES SEBAGAI TIM PENDAMPING AKREDITASI RS UNTUK REGIONAL BARAT

Tanggal : 10-Apr-2018 | Dilihat : 1726 kali

MEDAN - Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan dr. Eka Viora, Sp.KJ membuka acara  Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Dinas Kesehatan sebagai Tim Pendamping  Akreditasi RS untuk Regional Barat  yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan wilayah Sumatera, Banten, DKI Jakarta,Kalimantan Barat, beliau menyampaikan pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa untuk meningkatkan kesadaran, kemauan,dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan yang setinggi- tingginya.

Upaya  rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan tidak berhenti dengan diterimanya sertifikat akreditasi baik internasional maupun nasional tetapi harus mempertahankan hasil akreditasi tersebut. Pada saat survei verifikasi  atau re- akreditasi RS diharapkan dapat meningkatkan pencapaian skor sebagai upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien secara berkesinambungan.

Penguatan pelayanan kesehatan agar dapat memberikan pelayanan yang bermutu merupakan tanggung jawab bersama. Salah satu upaya peningkatan mutu RS melalui akreditasi setiap tiga tahun sekali sebagai amanah UU No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Regulasi yang dibangun dalam akreditasi yang mendorong fasilitas pelayanan kesehatan khususnya RS untuk menerapkan tata kelola manajerial dan tata kelola klinik yang baik untuk meningkatkan mutu RS  dan melindungi keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi, mendukung program pemerintah dibidang kesehatan dan meningkatkan profesionalisme dan daya saing rumah sakit Indonesia dimata internasional.

Disampaikan juga pada era perkembangan internet dan sosial media  harus semakin perduli dengan berbagai berita tentang pelayanan pasien di rumah sakit yang belum sesuai dengan harapan. Hal ini menjadi bahan evaluasi bagi kita dan bukan sebagai ajang saling menyalahkan. Dengan diberlakukannya PP No. 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah di mana rumah sakit merupakan UPT Dinas Kesehatan maka peran Dinas Kesehatan Propinsi/Kabupaten/Kota sangat penting untuk mendorong, mengawal,memantau proses akreditasi rumah sakit di wilayahnya. *amc/eka* 

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com