PERTEMUAN PEMBAHASAN NSPK KOMITE MUTU DI RUMAH SAKIT

Tanggal : 05-Apr-2018 | Dilihat : 604 kali

Bogor (04/04) - Direktur  Mutu  dan Akreditasi Pelayanan  Kesehatan dr. Eka Viora, Sp.KJ. membuka Pertemuan Penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Komite Mutu di Rumah Sakit  yang dihadiri oleh UPT RS Vertikal,  RSUD, RS dibawah TNI dan RS Swasta lainnya serta para narasumber dari RS dr. Syaiful Anwar Malang, RS Islam Sultan Agung Semarang, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta dan Ketua Komite Mutu RSCM Jakarta.

Dalam Sambutannya Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan  Kesehatan menyampaikan bahwa pada saat ini sebagian besar rumah sakit merasakan perlu adanya komite mutu, sehingga dibentuklah komite dengan peraturan masing-masing dan mekanisme pelaksanaan yang bervariasi. Pemahaman tentang komite mutu juga berbeda-beda fungsi, tugas dan kewenangan komite terkadang duplikasi dengan bidang tugas yang lain. 

Pedoman penyelenggaraan komite mutu di rumah sakit yang dimaksud meliputi pembentukan organisasi, tugas, fungsi dan wewenang, pembinaan dan pengawasan.

Berdasarkan kondisi tersebut, diperlukan adanya Pedoman Penyelenggaraan Komite Mutu di Rumah Sakit, sehingga dapat diimplementasikan, berkontribusi meningkatkan mutu pelayanan yang akhirnya dapat menjamin pasien dan masyarakat menerima pelayanan berkualitas dan aman.

Komite Mutu adalah unsur organisasi non struktural yang membantu Kepala Rumah Sakit atau Direktur Rumah Sakit dalam melakukan pembinaan dan pemeliharaan mutu pelayanan rumah sakit. Komite Mutu bertugas meningkatkan dan menjaga standar mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sebagai acuan dalam melayani pasien.

Komite mutu merupakan instrumen penting dalam menjalankan roda organisasi rumah sakit untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit diperlukan pembangunan dan pengembangan yang dilaksanakan tahap demi tahap sehingga rumah sakit dapat mengikuti perkembangan serta perubahan yang ada.