TAWA, INTERNAL JOGGING

Tanggal : 17-May-2018 | Dilihat : 19 kali

dr. Yuniar Sp.KJ - 

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Jangan segan untuk tertawa, karena tawa mengaktifkan berbagai sistem yang saling bekerjasama untuk membuat kita tetap sehat, bahkan di usia lanjut sekalipun. Keriangan yang terasa ketika kita tertawa adalah alat yang hebat untuk menangkal efek fisik dari stres. Kala kita tertawa, tubuh menjadi rileks, dan endorfin (penghilang nyeri alami) akan dilepaskan ke peredaran darah di tubuh kita.

Para peneliti dari the University of Michigan menemukan bahwa tertawa selama 20 detik sama khasiatnya dalam menjaga kesehatan paru-paru dengan berolahraga selama 3 menit di mesin dayung, sehingga ada yang menyebutnya "Internal Jogging".  Sedangkan Dr. Lee Berk dari California menemukan bahwa tawa akan dengan cepat menurunkan kortisol (hormon yang meningkat kadarnya pada keadaan stres) dan meningkatkan sel-sel kekebalan.

Jangan pernah merasa kehabisan bahan untuk ditertawakan. Karena rasa humor adalah cara yang matang untuk memandang dan mengatasi stres, maka sebetulnya sumber strespun dapat dijadikan bahan untuk ditertawakan.

Tawa adalah anugerah yang harus Anda bagikan ke sekitar. Tawa akan membuat kita merasa lebih baik, memandang segala hal dengan lebih jernih, membuat kita lebih kreatif, dan memperbaiki mood semua orang di sekeliling Anda, dan pada gilirannya, hal itu akan kembali kepada Anda juga.

Satu hal lagi, tawa tidak membebani kita dengan biaya mahal dan efek samping! Jadi, tunggu apa lagi? Di masa krisis ekonomi ini, tawa adalah cara termurah untuk menjaga diri kita dari segala akibat stres .