DELEGASI GHSA KAGUM PADA PENGENDALIAN ANTIBIOTIK DI RSUP SANGLAH “I WILL PERMIT TO COPY IT”

Tanggal : 08-Nov-2018 | Dilihat : 56 kali
Denpasar - Hari ini, Kamis (8/11/2018) RSUP Sanglah Denpasar menjadi salah satu tempat field visiting peserta Global Health Security Agenda (GHSA). Para peserta yang berjumlah 50 orang ini mengunjungi 2 tempat, yaitu Ruang Laboratorium Mikrobiologi dan Ruang Perawatan khusus untuk pasien infeksius.

Dirut RSUP Sanglah,  dr I Wayan Sudana,  M.Kes mengatakan sangat senang dan bangga karena RSUP Sanglah menjadi salah satu tempat visiting di acara bertaraf internasional seperti ini. “Saya sangat menyambut baik para peserta yang sudah datang untuk pengendalian pengunaan antibiotik di RSUP Sanglah. cukup membanggakan bagi kami, RSUP Sanglah dipercaya dan sudah dapat ikut berperan dalam kegiatan Internasional seperti ini” ujar Sudana saat diwawancarai.

Salah satu delegasi yang merupakan Wakil Menteri Kesehatan Ghana yang ikut dalam rombongan sangat kagum melihat apa yang dilihat di RSUP Sanglah. “It is really great! This hospital is so great. Your system, team and resources of Antimicrobial Stewardship Program (ASP) is excelent.  I will permit to copy it,” ujarnya.

Kunjungan selama setengah hari tersebut, diterima di Aula Yudistira. Pada pertemuan di aula tersebut, Dirut RSUP Sanglah menyajikan profile dan pelayanan di RSUP Sanglah dan presentasi dr I Wayan Suranadi, Sp.AN (KIC) Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) terkait profile, program kerja dan kegiatan yang KPRA.

Setelah mendengar penjelasan di Aula tersebut, para delegasi mengunjungi Pelayanan Laboratorium Mikrobiologi dan ruang perawatan isolasi khusus pasien infeksius. Mereka melihat bagaimana system pengendalian penggunaan antibiotik di RSUP sanglah. (*/HUMAS RSUP SANGLAH).