BIMTEK TIM SURVEIOR VERIFIKATOR UNTUK SDM DINKES PROVINSI DI WILAYAH REGIONAL TENGAH

Tanggal : 30-Jun-2016 | Dilihat : 2081 kali

Surabaya - Pada tanggal 25 Mei 2016 Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Rujukan Dr. Eka Viora.Sp Kj membuka acara Bimtek Tim Surverior Verifikator Untuk SDM Dinkes Prov. di wilayah Regional Tengah yang dihadiri oleh 10 Dinas Kesehatan Provinsi Kab/kota wilayah Regional Tengah di Indonesia. Dalam Sambutannya mengatakan sesuai dengan visi misi Presiden RI yang disampaikan dalam sembilan nawa cita. Sebagia insan kesehatan mempunyai tugas berkontribusi untuk mewujudkan manusia yang mandiri dan sehat. Cita-cita program Indonesia Sehat yang dalam Renstra Kemenkes diwujudkan dalam program peningkatan akses dan peningkatan mutu dengan penerapan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis kesehatan (health risk).

Dalam UU No. 44 Tahun 2009 bahwa Rumah Sakit dinyatakan wajib melaksanakan akreditasi setiap 3 tahun sekali yang dilaksanakan oleh lembaga Akreditasi Independen yang telah ditunjuk yaitu komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk Akreditasi Nasional dan untuk Akreditasi Internasional Joint Commission International (JCI) sesuai dengan Kepmenkes No. 407 tahun 2015.

Dalam peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan rujukan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan telah menetapkan indikator yaitu jumlah kabupaten/kota yang memiliki minimal 1 (satu) RSUD yang tersertifikasi Akreditasi Nasional. Jumlah target kab/kota yang memiliki minimal satu RSUD terakreditasi sampai tahun 2019 sebanyak 481 Kab/Kota. Pencapaian target ini tidaklah mudah dengan terlihatnya dari penjumlahan RS terakreditasi yang masih terlambat, sedangkan secara bertahap target tersebut harus tercapai. Maka pemerintah pusat telah menurunkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Akrteditasi tahun 2016 bagi 211 RS target indikator dengan harapan pada akhir tahun RS tersebut terakreditasi. Sehingga Pemerintah Daerah mampu melaksanakan fungsi pembinaan khususnya dalam bidang peningkatan mutu dan keselamatan pasien melalui akreditasi dengan penyiapan tim survesior verifikator yang komponen di daerah.

*Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-5277734 atau alamat e-mail: humas.yankes@gmail.com