PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIS BAGI TENAGA KESEHATAN SEBAGAI SURVEIOR AKREDITASI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN PRIMER (FKTP) ANGKATAN 1 TAHUN 2018

Tanggal : 05-Feb-2018 | Dilihat : 3595 kali

Bogor - Pelatihan Peningkatan Kemampuan Tehnis Bagi Tenaga Kesehatan Sebagai Surveior Akreditasi Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Primer yang dibuka oleh dr. Kamba Muhamad Taufik, M.Kes Kasubdit Mutu dan Akreditasi Yankes Primer bersama dengan  drg. Tini Suhandi M.Kes Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi FKTP di Hotel Ibis Style Bogor yang diikuti oleh 68 orang peserta dan para fasilitator dan MOT pelatihan.

Pertemuan ini merupakan permulaan dari rangkaian kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Tehnis Bagi Tenaga Kesehatan Sebagai Surveior Akreditasi FKTP dilaksanakan selama 12 hari, dengan mengambil tempat praktek di 2 Puskesmas yang telah terakreditasi yakni Puskesmas Mekar Wangi dan Puskesmas Tanah Sareal Untuk praktek kerja lapangan akan dilaksanakan hari Senin, Selasa dan Rabu pada tanggal 5 – 7 Februari 2018.

Pada tahun ini direncanakan akan ada 6 kali angkatan dengan tujuan untuk menghasilkan calon surveior akreditasi FKTP yang mempunyai kompetensi sebagai berikut :      

  1. Melakukan penilaian menggunakan standar dan instrumen akreditasi FKTP;
  2. Melakukan identifikasi dokumen akreditasi FKTP;
  3. Menjelaskan tata laksana dan metode survei akreditasi FKTP;
  4. Melaksanakan survei akreditasi FKTP;
  5. Menyusun laporan survei akreditasi FKTP.

Mulai tahun 2018  ini mekanisme perekrutan calon surveior akreditasi FKTP mengalami perubahan. Perubahan mekanisme ini dilakukan sebagai upaya perbaikan untuk mendapatkan calon surveior yang berintegritas dan berkualitas. Untuk Perekrutan dilakukan oleh Komisi Akreditasi AKTP secara online melalui sistem SIAP dengan tata cara dan mekanisme seleksi mengacu pada Surat Pengumuman Ketua Komisi Akreditasi FKTP per tanggal 15 Januari 2018. Adapun pelamar yang mengirimkan lamaran sebelum tanggal 15 Januari 2018, telah dilakukan verifikasi dan didorong untuk mendaftarkan kembali secara online.

Untuk  Peningkatan Kemampuan Tehnis Bagi Tenaga Kesehatan Sebagai Surveior Akreditasi Fasilitasi Pelayanan Kesehatan (FKTP) Angkatan 1 tahun 2018 ini, verifikasi berkas dilakukan terhadap pelamar yang memasukkan lamaran sampai dengan tanggal 17 Januari 2018 baik itu melalui email, lamaran langsung maupun lewat SIAP. Jumlah pelamar yang masuk adalah sebanyak 205 orang. Setelah dilakukan seleksi tahap I (seleksi administrasi) didapatkan peserta sebanyak 78 orang yang dipanggil mengikuti seleksi tahap II. 

Pada tanggal 29 Januari 2018 Seleksi tahap II meliputi tes wawancara dan tes kemampuan komputer dengan Tim Penguji sebanyak 16 orang  dengan peserta hadir 68 orang dan tidak hadir 10 orang.

  • Peserta yang lulus dan direkomendasikan ikut pelatihan sebanyak 36 orang,
  • Peserta yang lulus dan berhak mengikuti pelatihan angkatan II sebanyak 20 orang,
  • Peserta yang dinyatakan tidak lulus dan diberi kesempatan mengikuti seleksi tahap II periode berikutya sebanyak 12 orang

Pertemuan ini diselenggarakan berdasarkan surat undangan Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan nomor YM.02.01/VI.1/241/2018 tanggal 25 Januari 2018, dengan peserta sebanyak 36 orang, yang berasal dari: 17 provinsi (3 Aceh, 5 Sumut, 1 Sumbar, 1 Bengkulu, 2 Babel, 2 Jabar, 2 DIY, 3 Jateng, 2 Jatim, 1 NTB, 1 NTT, 1 Sulsel, 1 Sulteng, 1 Sultra, 1 Gorontalo, 3 Maluku, 2 Papua) dan 4 orang dari Pusat. 

Evaluasi peserta Peningkatan Kemampuan Tehnis Bagi Tenaga Kesehatan Sebagai Surveior Akreditasi Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Primer tahun 2018 meliputi: 1) Pengetahuan (Knowledge), 2) Sikap (Attitude) dan 3) Keterampilan (Skill).

 

Setelah pertemuan ini output yang diharapkan adalah dihasilkannya 36 calon surveior FKTP yang siap untuk ditugaskan survei pada FKTP yang mengusulkan survei dengan mematuhi kode etik yang telah ditetapkan.