APA YANG PERLU DILAKUKAN LANSIA AGAR SEHAT DAN BUGAR

Tanggal : 24-Sep-2018 | Dilihat : 64 kali

oleh: dr. Pirma Siburian, SpPD, KGer

Dalam kehidupan masyarakat, seseorang yang telah mencapai lanjut usia (lansia) ditinjau dari suatu sisi mengalami keberuntungan, karena menempatkannya menjadi anggota masyarakat yang lebih dihormati, diperhitungkan dan didengarkan bicaranya, baik dalam keluarga maupun masyarakat, sehubungan dengan mereka itu dipandang lebih bijaksana, berwibawa serta berpengalaman. Oleh karena itu, lebih dipercaya untuk melaksanakan berbagai tugas dalam masyarakat maupun keluarganya sendiri. Dengan demikian, golongan masyarakat lansia merupakan salah satu sumber daya manusia yang cukup berperan dalam pembangunan dewasa ini, oleh karena pengetahuan serta pengalaman hidup yang dimilikinya, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat secara keseluruhan.  

Sungguhpun demikian, dalam kenyataannya sering mereka yang telah mencapai lansia tidak dapat lagi diharapkan untuk dapat memberikan sumbangan tenaga dan pikiran dalam pembangunan, karena tidak lagi dalam kondisi sehat dan bugar dibandingkan dengan sebelumnya, baik disebabkan kemunduran fisik, mental atau terserang penyakit yang pada umumnya akibat bertambahnya usia.

Salah satu program pemerintah dalam bidang kesehatan dewasa ini adalah memperpanjang usia harapan hidup rata-rata dari setiap manusia Indonesia tanpa kecuali. Hal ini akan membawa akibat pada masa yang akan dating bahwa jumlah penduduk lansia akan meningkat pula, sehingga salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana mempertahankan agar para lansia tetap sehat dan bugar, agar tidak menyebabkan beban bagi keluarga, masyarakat maupun negara.

Hal tersebut di atas haruslah kita persiapkan sejak sekarang juga, dengan segala upaya yang optimal (terbaik) agar pada masa mendatang para lansia ini tidak mengalami kondisi kesehatan yang buruk atau setidak-tidaknya dapat memperlambat terjadinya kondisi tersebut.

Proses menua adalah proses alami yang berkesinabungan yang terjadi sejak seseorang dilahirkan ke dunia. Ibarat rumah dan halaman dapat ditata dengan baik, maka proses menua karena tidak terjadi secara tiba-tiba dapat pula ditata dengan baik sehingga lansia dapat memiliki kesehatan dan kebugaran yang lumayan untuk dapat hidup mandiri dan mampu berperan serta di dalam pembangunan.

MENJADI TUA YANG SEHAT DAN BUGAR

Kebugaran adalah kemampuan untuk mengatasi berbagai stres fisik dengan mudah. Kebugaran mencakup beberapa unsur, yaitu kekuatan, stamina (daya tahan), kelenturan dan koordinasi. Untuk tetap bugar diperlukan upaya yang terus menerus. Kebugaran sangat penting untuk mempertahankan kemampuan fisik yang diperlukan untuk melakukan segala aktivitas kehidupan sehari-hari. Kebugaran merupakan unsur penting dalam kemandirian.

Menurut Laurence E morehouse dan Leonard Gross dalam bukunya Total fitness dikatakan bahwa kesehatan, kebugaran dan kinerja adalah tiga hal yang berbeda tetapi selalu berkaitan. Biasanya orang mengatakan sehat jika bebas dari penyakit, sedangkan bugar berhubungan dengan kondisi seseorang dan kinerja yang berupa kesanggupan seseorang dalam menjalankan suatu tugas. Orang yang sehat belum tentu bugar, tetapi sebaliknya orang yang bugar sudah pasti sehat. Jika orang yang sehat dengan kondisi yang baik dan dapat bertahan serta menjalankan pekerjaannya dengan baik barulah kesehatan, kebugaran dan kinerja berada dalam keadaan seimbang.