TEMU MEDIA, KESIAPAN PELAYANAN KESEHATAN HADAPIN ARUS MUDIK 2017

Tanggal : 14-Jun-2017 | Dilihat : 175 kali

Jakarta - Persiapan pelayanan kesehatan arus mudik lebaran 2017 oleh Kementerian Kesehatan telah dimulai semenjak 15 Juni 2017 (H-10) yaitu dengan dimulainya Posko terpadu  Mudik Lebaran 2017 / 1438 H. Hal tersebut terungkap dalam temu media antara Kementerian Kesehatan dengan  awak media, Rabu 14 Juni 2017 di Ruang Pertemuan Maharmarjono, Kantor Pusat Kementerian Kesehatan Jakarta.

Kementerian Kesehatan diwakili oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Bambang Wibowo, Sp.OG. MARS dan di  damping oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Primer. Turur hadir pula pihak Jasa Marga yang diwakili oleh Corporate Secretary Jasa Marga. Dalam pertemuan tersebut diketahui  bahwa Kementerian Kesehatan menyiagakan segala sumber daya yang ada untuk membantu kelancaran arus mudik 2017. Antara lain dengan menyiapkan 913 Pos Kesehatan, 2228 Puskesmas, 374 Rumah Sakit, 207 (KKP) Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 104 PSC (Public Safety Center). 

Diketahui bersama bahwa potensi masalah mudik 2017 khususnya dibidang kesehatan adalah Sulitnya Akses pemudik terhadap pelayanan kesehatan/pertolongan. Untuk itu kementerian kesehatan mengantisipasinya dengan menyiagakan layanan 119 (Penanganan Gawat Darurat Terpadu) disepanjang jalur mudik–balik, menyiapakan pos kesehatan di terminal, bandara pelabuhan, rest area, jalan tol, mengupayakan upaya-upaya promotif dan preventif dalam usaha untuk mengantisipasi dan mengingatkan kepada para pemudik untuk senantiasa menjaga kesehatan nya selama mudik lebaran.

Berkaca pengalaman-pengalaman sebelumnya dimana terjadi penumpukan pemudik di jalur tol, maka pada tahun ini. Disiagakan ambulance motor yang dapat memberikan pertolongan pertama, pada daerah yang tidak bias terjangkau dengan kendaraan roda 4. Terutama di pintu exit tot maupun di wilayah-wilayah rawan kemacetan. Ambulance motor tersesbut disiagakan dan dikoordinasi langsung oleh PSC (Public Service Center) daerah setempat. 

Dalam temu media kali ini di berikan juga berbagai hot line kesehatan, antara lain : Posko Halo Kemkes di (kode local) -500567 dan email kotak@kemkes@go.id, Posko Mudik Kemkes dengan email poskomudikkemenkes@gmail.com, Posko KLB PHEOC dengan no kontak 021-4257125, Posko Pusat Krisis dengan call center 081212123119 dan email ppkdepkes@yahoo.com,  layanan National Command Center di nomor 119.

Kelancara mudik 2017 merupakan kerja bersama, yang melibatkan berbagai sector dan unit-unit terkait di masing-masing wilayah. Untuk itu diperlukan kerja sama dan koordinasi secara meyeluruh dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat khususnya para pemudik. Perlu dipersiapkan pula kondisi fisik yang baik dan prima dalam menghadapi arus mudik terutama pada para pengemudi kendaraan pribadi, jangan paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk dan senatiasasa patuhi rambu-rambu dan aturan yang berlaku. Ungkap Dirjen Yankes.

-->