LAYANAN 119-LAYAD RAWAT-PUTRI KARYAWATI PMN RS MATA CICENDO YANG BERPRESTASI

Tanggal : 27-Jul-2017 | Dilihat : 669 kali

Bandung (27/07) -  Potensi PMN RS Mata Cicendo ternyata hadir dari bagian keluarga besarnya.  Ardianie Yuniarti atau akrab disapa Ibu Yuyun yang berdinas di Instalasi Farmasi memiliki seorang putri bernama Indah Kusumaningrum, seorang aktris, penyanyi, dan calon seorang dokter, dipilih Walikota Bandung, Ridwan Kamil menjadi Duta Layad Rawat Pemerintah Kota Bandung.

Layad Rawat adalah sebuah inovasi untuk memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat dengan mendatangi langsung ke rumah orang yang sedang sakit.  Program ini terinspirasi dari banyaknya kasus pasien yang tidak tertolong karena keterbatasan fasilitas ruangan di rumah sakit, dimana sekitar 1.598 petugas kesehatan yang terdiri atas 87 dokter, 184 bidan, dan 23 ahli gizi akan diterjunkan ke masyarakat untuk merawat orang yang sakit.

Sesuai dengan namanya, Layad Rawat, tim medis akan mendatangi rumah pasien yang memerlukan bantuan. Untuk memanggil tim medis ini, warga tinggal menelepon 119 (bebas pulsa) atau melalui aplikasi.

Layad Rawat terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan melalui Layanan 119, yaitu kolaborasi nasional antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, dimana terjadi integrasi layanan antara Pusat Komando Nasional atau National Command Center (NCC) yang berada di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, dengan Public Safety Center (PSC) yang berada di tiap Kabupaten/Kota.

Bagi warga sakit namun tinggal di gang sempit dan memerlukan penanganan segera pun dapat pula dilayani dengan fasilitas Ambulan Motor.  Jadi, bila ada warga Bandung yang sakit dan memerlukan penanganan segera, dapat menghubungi Call Center 119 dan operator akan menghubungi Puskesmas terdekat untuk mendatangi warga.

Semoga program Layad Rawat yang terintegrasi dengan Layanan 119 ini dapat diterapkan di seluruh Indonesia agar dapat mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan yaitu “Untuk Indonesia yang Lebih Sehat”

(Kontributor : Agus Suhendar, Instalasi PPH, PMN RS Mata Cicendo)

-->