JAMBORE NASIONAL PSC 119, TINGKATKAN KOMITMEN DALAM PENANGANAN KEGAWATDARURATAN MEDIK

Tanggal : 22-Sep-2017 | Dilihat : 2342 kali

Toraja (21/9) – Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan Jambore Nasional Public Safety Center (PSC) 119 yang dihadiri oleh seribu tamu undangan. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Kesehatan RI, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Gubernur Sulawesi Selatan, Bupati Toraja, Seluruh Kepala Dinas Kesehtan Provinsi/ Kabupaten/ Kota, para Direktur RS, Kepala PSC 119 Provinsi/ Kabupaten/ Kota, serta para penggiat kegawatdaruratan medik.

Dalam Jambore yang diselenggarakan selama tiga hari kedepan ini, akan dilaksanakan berbagai rangkaian acara, diantaranya pemaparan tentang sejarah dan kilas balik SPGDT sejak Deklarasi Makassar sejak tahun 2000, diskusi seputar PSC 119, gerakan tanam 1000 pohon , simulasi kegawatdaruratan, pameran kegiatan PSC 119, kompetisi CPR, evakuasi dan radiomedik, bhakti sosial Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, serta gelar budaya wisata Toraja. 

Dirjen Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka membangun pemahaman dan persepsi yang sama akan pentingnya layanan kegawatdaruratan medic pra-fasyankes melalui PSC 119 serta untuk menjalin kerjasama dan persaudaraan antara seluruh PSC 119. 

Jambore PSC 119 ini dilaksanakan juga bersamaan dengan peringatan 17 tahun Deklarasi Makassar. Deklarasi Makassar merupakan cikal bakal dari pelaksanaan SPGDT yang telah dideklarasikan sejak tahun 2000. 

Dalam akhir sambutannya, Dirjen Yankes menyampaikan, dengan adanya acara ini diharapkan dapat terwujud kesamaan komitmen dalam penanganan kegawatdaruratan medik melalui PSC 119 di seluruh Indonesia sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kecacatan. 

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan  Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com

-->