IMPLEMENTASI SPGDT MELALUI CALL CENTER 119 DAN PSC

Tanggal : 28-Jul-2017 | Dilihat : 630 kali

Cibubur (27/7) – Pertemuan pada ini merupakan gabungan dari 2 (dua) pertemuan, yaitu: Pertemuan Workshop Integrasi Public Safety Center (PSC) Existing Ke 119, danPertemuan Koordinasi Dalam Rangka Implementasi SPGDT Melalui Call Center 119 dan PSC.

Dalam Direktur Jenderal Pelayanan kesehatan disampaikan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015 – 2019, Peta Strategis Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menargetkan peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan. Peningkatan akses dilakukan dengan memperluas cakupan melalui JKN, pembangunan RS serta perbaikan sistem rujukan. Sedangkan peningkatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, yang salah satu caranya adalah melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Dimana tujuan utamanya adalah memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang kesehatan.

output dari pertemuan ini diharapkan peserta mendapatkan informasi mengenai perkembangan program SPGDT 119 dan dukungan POLRI serta PT Jasa Raharja terkait dengan pelayanan kesehatan pra fasyankes, serta penyusunan rencana tindak lanjut masing-masing PSC 119 termasuk rencana pengintegrasian PSC 119 ke NCC 119, setiap kabupaten/kota mampu membentuk dan mengintegrasikan PSC 119 ke NCC 119 guna meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pra fasyankes

Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah untuk koordinasi dan evaluasi pelaksaan program SPGDT 119 dan pelayanan kesehatan pra fasyankes serta pengintegrasian PSC 119 Kabupaten/Kota ke Pusat Komando Nasional (National Command Center / NCC) 119 Kementerian Kesehatan.

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail :humas.yankes @gmail.com

-->