Ditjen Yankes

Alur Mendapatkan SIMRS GOS

Syarat mendapatkan SIMRS GOS:

  1. RS sudah mempunyai infrastruktur IT (Jaringan, Komputer dan Server)
  2. RS Mempunyai minimal 1 orang SDM IT (programmer)

Alur mendapatkan SIMRS GOS:

  1. Mengajukan permohonan penggunaan SIMRS GOS kepada Sesditjen Pelayanan Kesehatan
  2. Pengisian self assessment kesiapan infrastruktur dan SDM RS
  3. Pemberian surat izin penggunaan oleh Sesditjen Pelayanan Kesehatan
  4. Penyerahan dan training SIMRS GOS kepada RS
  5. Perawatan dan pengembangan SIMRS dilakukan oleh RS masing-masing (internal RS atau pihak ketiga)

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Subbag Informasi dan Evaluasi PI Yankes email: infomonev.yankes@gmail.com atau telepon 0215261813 (fax) atau 021 5201590 ext 1303

Alur Registrasi RS

  1. RS mengisi Registrasi Online yang ada di alamat http://sirs.yankes.kemkes.go.id/registrasi/register.php dengan melampirkan hasil scan Surat Permohonan Kode RS dan Surat Izin Operasional RS
  2. RS mengirimkan email ke infomonev.yankes@gmail.com yang berisi pemberitahuan bahwa RS sudah melakukan registrasi
  3. Kemenkes memvalidasi data registrasi
  4. RS mengisi data registrasi lainnya (TT, SDM) untuk mengaktivasi registrasi dengan mengklik link 'belum aktif' di Registrasi Online
  5. Selanjutnya, RS dapat mengecek data RS di alamat http://sirs.yankes.kemkes.go.id/rsonline/data_list.php

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Subbag Informasi dan Evaluasi PI Yankes email: infomonev.yankes@gmail.com atau telepon 0215261813 (fax) atau 021 5201590 ext 1303

Alur Mendapakan INACBG

  1. RS mengirimkan permohonan aplikasi INACBG disertai hasil scan MoU antara RS dengan BPJS dan surat izin operasional ke email inacbg41@gmail.com
  2. Kemkes mengirimkan alamat download dan tata cara instalasi aplikasi INACBG ke RS
  3. RS mendownload aplikasi INACBG
  4. RS menginstal aplikasi INACBG

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Subbag Informasi dan Evaluasi PI Yankes email: infomonev.yankes@gmail.com atau telepon 0215261813 (fax) atau 021 5201590 ext 1303

Troubleshooting INACBG

  • Q: Tarif INACBGs tidak keluar
  • A: Validasi ulang setup RS (Permenkes 27 Tahun 2014 Hal. 24)

  • Q: Database corrupt karena mati lampu atau terserang virus sehingga diagnosa kosong, nama pasien tidak bisa dipanggil, dll
  • A: Repair database. Silahkan mengirimkan email ke inacbg41@gmail.com agar bisa di-remote atau kirimkan database yang akan di-repair ke email inacbg41@gmail (Permenkes 27 Tahun 2014 Hal. 24)

  • Q: Error Grouper
  • A: Instal kembali INACBG dari INACBG 4.0 (Permenkes 27 tahun 2014 Hal. 25)

  • Q: Gagal grouper. Hubungi administrator
  • A: Beri full access control ke folder addins (Permenkes 27 tahun 2014 Hal. 25)

  • Q: Class Not Register{}
  • A: Instal registry sesuai versi OS (32/64 bit) (Permenkes 27 tahun 2014 Hal. 27)

  • Q: Kelas di INACBG tidak sesuai dengan kelas RS atau turun kelas karena memberikan pelayanan diluar kekhususannya
  • A: Kirimkan email beserta SK penetapan kelas & surat izin operasional RS ke email inacbg41@gmail (Permenkes 27 tahun 2014 Hal. 27)